Memotiviasi Diri Sendiri, Ini Caranya! | Breaktime
Memotiviasi Diri Sendiri, Ini Caranya!
01.03.2016
“The greatest glory in living lies is not in never falling, but in rising every time we fall.” – Nelson Rolihlahla Mandela

Banyak yang bilang bahwa kehidupan bagaikan roda yang berputar. Kadang kita akan berada di atas, tapi tak jarang pula berada di bawah. Berada di bawah kerap membuat kita merasa terpuruk. Namun, dibanding terus menerus meratapinya, memotivasi diri untuk bangkit adalah yang terbaik, B’timers. Berikut caranya.

Cari tahu penyebab

Keterpurukan bisa saja disebabkan oleh hal-hal dari dalam diri ataupun pengaruh dari luar. Coba cari tahu penyebab Anda merasa terpuruk dan kenali diri sendiri. Kadang, keterpurukan diawali dengan rasa takut untuk keluar dari zona nyaman.

Beri kesempatan

Merasa takut untuk memulai sesuatu hanya akan mengurung Anda dalam lingkaran setan. Untuk itu, beri kesempatan untuk langkah pertama Anda. Sebuah langkah kecil dalam kehidupan, benar-benar bisa mengubah diri dan hidup Anda.

Memotiviasi Diri Sendiri, Ini Caranya! | Breaktime
Beri waktu istirahat untuk tubuh dan pikiran

Perhatikan kondisi tubuh

Manusia bisa saja merasa lelah dan butuh waktu untuk beristirahat. Jika ini yang terjadi, berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat, B’timers. Tak hanya fisik, kelelahan pikiran juga bisa saja terjadi. Untuk itu, tinggalkan rutinitas Anda selama beberapa hari untuk menemukan semangat baru dalam diri.

Percaya diri

Meragukan kemampuan diri hanya akan menghambat Anda untuk maju dan meraih kesuksesan. Jangan sekalipun membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat tak percaya diri, mantapkan hati dan buat diri Anda yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

Memotiviasi Diri Sendiri, Ini Caranya! | Breaktime
Terus melangkah hingga mencapai tujuan

Bertahan

Ketika mencapai tujuan, Anda mungkin merasa begitu bersemangat di awal. Namun, seringkali di tengah perjalanan semangat ini akan luntur dan digantikan oleh rasa putus asa. Ini bukanlah waktunya untuk mundur, tapi Anda harus bertahan dan berjuang untuk mencapai tujuan awal.

Ambil tindakan

Keterpurukan tak akan berakhir jika bukan Anda sendiri yang mengubahnya. Untuk itu, cobalah ambil tindakan yang menurut Anda benar. Melangkah maju ketika Anda terpuruk, akan membantu Anda menghadapi ketakutan dan keluar dari zona nyaman. Yang terpenting, menangkan pertarungan mental dengan diri sendiri.

Motivasi dari dalam diri merupakan motivasi terbaik yang dimiliki oleh seseorang. Tanpa motivasi dan keyakinan akan kemampuannya, bahkan motivasi dari orang lain tak akan ada gunanya. Untuk itu, selalu berikan kepercayaan pada diri Anda, B’timers. (dfr)

Share This Article