Masih Pengangguran? Ini Cara Mencari Pekerjaan! | Breaktime
Masih Pengangguran? Ini Cara Mencari Pekerjaan!
10.02.2017

Mulai galau karena hingga sekarang Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan, nih, B’timers? Mungkin Anda terlalu keras mengejar mimpi. Karena sebenarnya untuk mendapatkan pekerjaan, tak terlalu sulit, kok. Anda bisa mengejar passion, memanfaatkan jaringan dan merapikan kembali resume Anda. Namun kenyataannya, mendapatkan pekerjaan impian tidaklah semudah yang kita bayangkan, B’timers.

Dan semakin pemilih seseorang akan pekerjaan, tentunya akan semakin sulit bagi mereka mendapatkan posisi di sebuah perusahaan. Nah, untuk Anda yang hingga saat ini masih menganggur serta untuk Anda yang ingin mencari pekerjaan baru, di bawah ini ada beberapa cara mencari pekerjaan yang wajib Anda ketahui, B’timers. Wah, apa saja ya cara mencari pekerjaan agar cepat lolos? Ini dia jawabannya!

Masih Pengangguran? Ini Cara Mencari Pekerjaan! | Breaktime
Gunakan jaringan untuk membantu Anda mencari pekerjaan

Anda dapat lebih menghemat waktu untuk mencari pekerjaan dengan menggunakan pencarian yang ada di salah satu website pencarian posisi pekerjaan yang diinginkan. Kebanyakan website dan aplikasi untuk mencari pekerjaan memiliki pilihan Advanced Search. Nah, hal ini memungkinkan Anda sebagai pencari pekerjaan untuk menentukan kata kunci, lokasi, jabatan dan perusahaan.

Janganlah melamar setiap pekerjaan yang Anda lihat di papan lowongan, B’timers. Sebaiknya Anda fokus saja pada pencarian pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan Anda. Dengan cara ini Anda justru bakal meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara. Sementara itu apabila Anda mengirim terlalu banyak lamaran ke semua lowongan, hal ini justru membuang-buang waktu, lho.

Yang terpenting di dalam mencari pekerjaan adalah jangan pernah berhenti untuk mengirimkan lamaran pekerjaan, B’timers. Meskipun Anda telah mengirim 100 surat lamaran pekerjaan, namun sebelum ada satu perusahaanpun yang memanggil Anda, teruslah mengirim resume Anda. Belajarlah dari kesalahan Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup.

Baca juga : CARI PEKERJAAN BARU? INTIP TIPS MEMBUAT CV, YUK!

Cara mencari pekerjaan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah surat lamaran dan resume yang Anda kirimkan untuk melamar pekerjaan, B’timers. Sebenarnya hanya dibutuhkan kurang dari beberapa detik untuk membuat seorang manajer dari sebuah perusahaan terkesan pada Anda. Caranya tentu dari gaya bahasa dan seperti apa isi dari surat lamaran dan juga resume Anda.

Usahakan untuk membuat target pada resume yang Anda susun sebelum mengirimkannya, B’timers. Di dalam surat lamaran yang Anda buat akan langsung terbaca seberapa besar minat Anda dalam posisi di suatu perusahaan. Untuk itu, jika Anda memang serius mencari pekerjaan, sebaiknya selalu periksalah surat lamaran Anda agar tetap sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Masih Pengangguran? Ini Cara Mencari Pekerjaan! | Breaktime
Tunjukkan kemampuan Anda dengan penampilan yang sesuai

Melampirkan daftar riwayat hidup sepertinya adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap pelamar pekerjaan, ya, B’timers? Namun yang perlu Anda perhatikan adalah, kita tidak perlu memasukkan semua pengalaman pekerjaan sebelumnya di dalam resume, lho. Hal tersebut tentu akan menyulitkan untuk mereka yang memiliki pengalaman pekerjaan selama lebih dari 40 tahun.

Well, mungkin yang namanya penampilan tak begitu penting, selama kita telah memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun meskipun demikian, ada baiknya Anda agar  tetap berusaha untuk mengenakan pakaian resmi. Karena bagaimanapun kesan pertama yang kita tunjukkan selalu memberi nilai di mata orang lain. Terutama selama masa tes wawancara pekerjaan.

Dalam mencari pekerjaan, Anda dituntut untuk tetap menjadi diri sendiri, B’timers. Menurut pakar SDM, Susan Heatherfield, setiap manajer di perusahaan akan mengetahui ketika pelamar pekerjaan yang ada menunjukkan kepalsuan, lho. Untuk itu sangat penting tetap menjadi diri Anda sendiri di saat menjawab pertanyaan yang diajukan. Dan jangan pernah lupa untuk selalu tersenyum.

Itulah beberapa cara mencari pekerjaan yang wajib Anda ketahui, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE