Masih Kesusahan Bersikap Sabar Saat Puasa? Ini Tipsnya! | Breaktime
Masih Kesusahan Bersikap Sabar Saat Puasa? Ini Tipsnya!
28.06.2015
“Patience is bitter, but its fruit is sweet”—Aristotle

Setelah beberapa hari B’timers menjalankan ibadah puasa, sudah banyakkah perubahan emosional  yang B’timers rasakan? Bila selama ini Anda masih kesulitan untuk mengatur kesabaran, kali ini Breaktime akan secara khusus membahas tips agar Anda dapat lebih sabar di bulan Ramadan.

Buatlah niat

It maybe sounds so cliché, but it really works!  Imam Bukhari dan Muslim pernah meriwayatkan bahwa sesungguhnya amalan seseorang tersebut bergantung pada niatnya. Jadi semakin kuat niat B’timers untuk menjadi orang yang sabar, semakin besar pula misi tersebut tercapai.

Perbanyak berdoa

Perbanyaklah doa dan salat untuk menentramkan hati
Perbanyaklah doa dan salat untuk menentramkan hati

Doa juga memiliki kekuatan dahsyat untuk menjadikan pribadi B’timers lebih baik, lho. Dalam sebuah kitab Ibnu Qayyim al Jawziyah yang secara spesifik membahas sabar dan syukur, dituliskan bahwa sahabat Ali ibn Abi Thalib pernah berkata bahwa hakikat sabar itu adalah meminta pertolongan Allah dan ini dilakukan dengan banyak berdoa.

Mulai latih kesabaran

Teori tanpa praktik sama saja dengan nol. Mulai sekarang, kenali hal-hal apa saja yang sering bikin B’timers marah dan jadikan momen tersebut sebagai kesempatan emas untuk melatih kesabaran.

Sebagai contoh, B’timers kerap bertengkar dengan pasangan hanya karena hal-hal remeh atau mudah marah ketika teman bersikap menyebalkan, tahan diri paling tidak selama 5 menit untuk tidak membalas dengan perbuatan yang sama menyebalkannya. Cobalah diam dan bersikap bijak selama sesaat.

Perbanyak membaca Al Quran

Perbanyak membaca ayat-ayat tentang pahala orang yang sabar
Perbanyak membaca ayat-ayat tentang pahala orang yang sabar

Dikatakan dalam berbagai ayat Al Quran bahwa kitab suci ini adalah syifa’ atau obat bagi para pembacanya. Kapanpun B’timers merasa hampir lose control cobalah untuk sesegera mungkin mengambil air wudu dan membaca beberapa ayat Al Quran, terlebih surat Ali ‘Imran ayat 133 hingga 134.

Ayat tersebut mengajak B’timers untuk bersegera menuju ampunan Allah dan surga-Nya yang luasnya yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang bertakwa, yaitu orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Yap, dengan sabar pintu pahala yang besar itu terbuka lebar, lho!

Baca biografi Nabi dan ulama

Selain itu, di bulan Ramadan kali ini B’timers juga dapat lebih menyibukkan diri dengan membaca biografi sejumlah Nabi yang terkenal dengan kemuliaan akhlaknya dalam menyikapi berbagai masalah sulit seperti Nabi Ayub, Nabi Musa, Nabi Yusuf atau ulama-ulama lainnya. Dari situ, Anda akan lebih mudah untuk menemukan contoh-contoh konkret sikap sabar yang diajarkan dalam Islam.

Nah, manfaatkan momen spesial bulan Ramadan ini untuk melatih hati dan pikiran B’timers lebih jernih ya. Kesabaran itu berawal dari memaafkan dan sesungguhnya memaafkan itu dekat sekali dengan damai.

Share This Article