Masalah Berat Datang Menghantam dan Berakhir Bunuh Diri? No Way! | Breaktime
Masalah Berat Datang Menghantam dan Berakhir Bunuh Diri? No Way!
25.08.2015

Banyaknya permasalahan hidup baik yang bisa menyebabkan seseorang tertekan. Saat hal itu terjadi, tak ternyata tak sedikit orang yang terlintas untuk melakukan bunuh diri. Menurut David Stuckler, seorang peneliti dari Oxford, tingkat kemajuan suatu negara membuat lingkungan bersaing dengan ketat sehingga tingkat stress naik dan berujung dengan bunuh diri.

Menyeramkan sekali, bukan? Namun, sejumlah tips menarik berikut dapat mencegah seseorang untuk bunuh diri ketika ditimpa masalah paling pelik sekalipun:

1. Tenangkan diri

Tenangkan diri lanjutkan dengan membuat janji untuk bersantai
Tenangkan diri lanjutkan dengan membuat janji untuk bersantai

Saat emosi menyerang, berusahalah untuk menghindar dari keramaian dan duduklah di tempat yang nyaman. Setelah itu, cobalah membuat janji untuk tidak berbuat apa-apa dalam beberapa waktu atau minggu. Gunakan jangka waktu tersebut untuk menenangkan diri dengan cara meditasi atau berlibur.

2. Amankan perabotan rumah

Untuk sementara waktu, jauhkan sejumlah benda-benda berbahaya seperti gunting, pisau, atau kaca dari kamar. Hal untuk bertujuan untuk mencegah Anda melakukan perbuatan nekat saat dikepung oleh suasana labil.

3. Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang

Mengkonsumsi alkohol tidak akan menyelesaikan masalah
Mengkonsumsi alkohol tidak akan menyelesaikan masalah

Jangan gunakan alasan depresi untuk melampiaskan emosi dengan mengonsumsi alkohol dan obat-obat terlarang. Selain membuat rasa cemas semakin parah, kedua zat berbahaya tersebut juga akan menggerogoti kesehatan tubuh Anda dalam waktu cepat.

4. Berpikir dengan kepala dingin

Setelah berhasil menenangkan diri, cobalah untuk kembali memikirkan masalah yang terjadi dengan kepala dingin. Sering kali clue dari penyelesaian masalah tersebut perlahan-lahan mulai tampak saat Anda mulai dalam keadaan stabil.

Selain itu, B’timers juga harus ingat bahwa bunuh diri tidak akan menyelesaikan apapun. Percayalah, seberat apapun masalah yang tengah Anda hadapi, “badai” pasti akan segera berlalu. Tetap semangat ya, B’timers!

Share This Article