Manfaat Menulis dengan Tangan Dibanding Mengetik | Breaktime
Manfaat Luar Biasa Menulis dengan Tangan Dibanding Mengetik
15.01.2016

Anda lebih suka menulis dengan tangan atau mengetik langsung, B’timers? Memang, di zaman serba mesin sekarang ini, kebiasaan menulis dengan tangan mulai ditinggalkan. Dulu, perusahaan selalu mewajibkan pelamar untuk menulis surat aplikasi dengan tulisan tangan. Namun, rupanya aturan tersebut sudah jarang diterapkan dan lebih memilih mengetik dengan komputer karena alasan kerapian.

Padahal, menulis dengan tangan memiliki manfaat tak terduga yang baik untuk segala aspek dalam kehidupan lho, B’timers! Apa saja sih, manfaatnya? Yuk, simak ulasannya di sini.

Lebih mudah diingat

Manfaat Menulis dengan Tangan Dibanding Mengetik | Breaktime
Menulis catatan di kertas meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat

Tahukah Anda bahwa menulis dengan tangan bisa meningkatkan daya pikir? Meskipun itu hanya secarik kertas pengingat yang Anda tempelkan di lemari atau meja belajar. Ya, menulis dengan tangan tak hanya menggerakkan tangan untuk menghasilkan tulisan saja. Secara tidak langsung otak kita akan merekam apa yang kita tulis. Alhasil kita akan lebih mudah mengingatnya.

Berbeda jika kita menulis pengingat di aplikasi ponsel yang justru memerlukan waktu untuk mengatur kapan pengingat dinyalakan. Pengingat di ponsel tidak akan berhasil jika Anda lupa menyalakan alarmnya.

Perasaan puas atas prestasi

Menulis dengan tangan tak hanya membuat Anda mudah mengingat apa yang Anda tulis, namun juga bisa memberikan sisi kepuasan tersendiri. Bukankah Anda merasa luar biasa setelah menulis satu cerpen dengan tulisan tangan? Anda tidak akan merasa sepuas itu jika Anda menulisnya dengan komputer atau layar ponsel.

Mengurangi gangguan dan kesalahan

Manfaat Menulis dengan Tangan Dibanding Mengetik | Breaktime
Tulisan tangan terhindar dari kesalahan ketik

Teknologi mungkin saja menguntungkan, tetapi juga merugikan. Memang akan lebih rapi mengetik di komputer atau smartphone, namun gangguan juga semakin banyak seperti iklan yang muncul, aplikasi yang minta diperbaharui atau tiba-tiba perangkat Anda mati sebelum catatan Anda simpan.

Sebaliknya, menulis dengan tangan membuat Anda lebih nyaman dan tenang. Selain itu, kesalahan ketik atau typo tidak akan terjadi seperti saat Anda mengetik dengan komputer.

Meningkatkan kemampuan

Sadarkah Anda bahwa semakin sering Anda menulis dengan tangan, maka jari Anda akan semakin terlatih dalam menghasilkan font huruf yang bagus dan rapi? Meski mengetik di komputer saat ini lebih menjadi prioritas, namun masih ada beberapa pekerjaan yang memerlukan tulisan tangan Anda. Jika B’timers tidak mau malu karena hasil tulisan tangan yang jelek, jangan pernah meninggalkan kebiasaan menulis dengan tangan ya, B’timers!

Meskipun demikian, Anda harus bisa menyesuaikan dengan kepentingan. Bedakan kapan harus mengetik di komputer dan kapan boleh menulis dengan tangan. Selamat menulis! (nap)

Share This Article