Lari? Eits, Ini Cara Menghadapi Orang yang Marah | Breaktime
Lari? Eits, Ini Cara Menghadapi Orang yang Marah!
03.09.2016

Sering harus berhadapan dengan orang yang marah, B’timers? Well, satu emosi negatif ini memang bisa meledak hampir di semua situasi. Dengan teman, orang asing, di rumah, maupun di jalan raya. Tapi ada, kok, cara untuk menghadapi mereka yang sedang dibakar oleh amarah. Jangan kabur karena takut, yuk, simak cara hadapi orang yang sedang marah berikut ini, B’timers!

Lari? Eits, Ini Cara Menghadapi Orang yang Marah | Breaktime
Jika ikut emosi, malah bisa jadi seperti ini, B’timers

Jangan harap mampu mengontrol perilaku mereka

Well, seseorang selalu melampiaskan kemarahan ketika tak mendapatkan apa yang diinginkan. Biasanya mereka akan menyalahkan orang lain daripada bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Marah bukanlah pilihan, melainkan kebiasaan. Dan siapapun tak akan mampu mengontrol perilaku mereka.

Lindungi diri dari kemungkinan tindak kekerasan

Kemarahan adalah tangisan bayi dalam bahasa orang dewasa. Ini adalah tanda bahwa seseorang sedang menyembunyikan kelemahan dan perasaan negatif lainnya. Semua itu didorong karena perasaan takut. Nah, ketika berhadapan dengan orang yang sedang marah, cobalah untuk mengerti sebab di baliknya.

Usahakan untuk tetap tenang dalam menghadapinya

Hal ini mungkin memang sulit. Tapi meskipun Anda panik, sebisa mungkin usahakan untuk tetap tenang dan hindari pilihan kata yang kasar, B’timers. Jika berat, tarik napas dalam-dalam. Jangan menunjukkan ketakutan Anda. Jika Anda terpengaruh, yang ada justru kemarahannya akan semakin mengerikan, lho.

Lari? Eits, Ini Cara Menghadapi Orang yang Marah | Breaktime
Jangan tunjukkan Anda juga lemah, ya, B’timers?

Akuilah dengan tenang tentang kemarahan mereka

Dengan mengakui perasaan yang sedang mereka tunjukkan adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan, B’timers. Katakan, “Saya melihat Anda marah”, dengan tenang. Tak perlu khawatir, karena cara ini tak sama dengan mendorong mereka untuk meneruskan kemarahannya. Namun jaga pilihan intonasi, ya?

Tinggalkan dan berikan ruang untuk orang tersebut

Anda bisa meninggalkan mereka dan memberikan ruang serta waktu untuk mendinginkan kemarahan yang dirasakan. Kadang yang dibutuhkan oleh orang yang sedang marah hanyalah sedikit waktu untuk menenangkan diri. Lakukan ini sebelum Anda tertulas emosi negatif dari kata-kata mereka, B’timers.

Dan yang terpenting adalah, jangan sampai Anda ikut terpancing untuk ikut mengobarkan api amarah, ya, B’timers? (NO)

Share This Article