5 Cara Cerdas Tingkatkan Kreativitas di Tempat Kerja | Breaktime
Langkah Menambah Kreatif dan Produktif dalam Bekerja
10.08.2015

Apa tujuan B’timers bekerja? Ya, selain untuk memenuhi kebutuhan finansial, salah satunya adalah untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat, bukan? Nah, untuk menjadi karyawan yang baik, kita tak hanya dituntut tertib dan disiplin terhadap job desc dan peraturan. Namun, juga bisa mengembangkan kreativitas dan menyumbangkan ide serta pemikiran untuk kemajuan perusahaan. Caranya? Breaktime beri tips untuk merangsang kreativitas Anda di tempat kerja, nih!

Kerja tim harus selalu menjadi prioritas utama
Kerja tim harus selalu menjadi prioritas utama

Menekankan pada kerja tim

Salah satu yang paling dibutuhkan di tempat kerja adalah atmosfir “team-first”. Kita harus bisa merasakan bahwa kita termasuk bagian dari sebuah tim yang besar. Jadi, anggap suasana tempat kerja kolaboratif, dan bukan kompetitif. Itu akan membuat Anda lebih terbuka untuk berbagi ide.

Melangkah ke luar tempat kerja

Kerja keras memang diperlukan, apalagi jika Anda punya deadline pekerjaan yang ketat. Namun, sebaiknya Anda memanfaatkan waktu istirahat dengan pergi keluar kantor. Anda bisa makan siang di luar dengan mengajak rekan kerja. Ini juga bisa membantu menginspirasi Anda, lho.

Brainstorm dan ajukan pertanyaan

Salah satu kunci untuk menggali inovasi di tempat kerja adalah dengan brainstorming. Ini bisa dilakukan misalnya 10-15 menit setelah meeting mingguan. Dengan diskusi ringan seperti ini, Anda dan rekan-rekan kerja bisa saja menemukan ide baru yang benar-benar inovatif.

Hindari saling menyalahkan

Kesalahan memang menjadi bagian penting dalam proses belajar dan itu bisa memicu munculnya inovasi di tempat kerja. Namun, “menuding” atau menyalahkan orang lain bisa menghambat kreativitas. Sebaliknya, jadikan setiap kegagalan sarana untuk belajar memecahkan masalah dengan cara-cara baru.

Refresh dan remajakan pikiran

Saat kita overloaded dengan tumpukan pekerjaan yang menggunung, sangat mungkin kita jadi loyo dan terlalu lelah untuk “bicara”. Untuk mengembalikan mood, Anda bisa meluangkan waktu dengan mengambil cuti untuk berlibur atau sekedar berjalan-jalan sebentar di luar kantor untuk menghilangkan penat.

Refresh pikiran dan kembalikan inspirasi dengan berlibur
Refresh pikiran dan kembalikan inspirasi dengan berlibur

Nah, tidakkah Anda ingin menjadi karyawan yang cemerlang dengan ide-ide brilian? Gali kembali kreativitas yang selama ini “tertidur”dengan melakukan hal-hal tadi. Good luck, B’timers.

Share This Article