Lakukan Trik Ini Ketika Dihina Rekan Kerja! | Breaktime
Lakukan Trik Ini Ketika Dihina Rekan Kerja!
03.09.2017

Bullying adalah hal yang kini banyak terjadi di lingkungan sekitar kita. Atau bahkan kita mengalaminya sendiri. Sebenarnya kasus penghinaan terhadap sesama atau yang lebih dikenal dengan bullying mungkin sudah terjadi sejak lama. Hanya entah mengapa beberapa tahun terakhir ini banyak dibahas. Hal ini mungkin terjadi karena kasus bullying tidak sekedar menghina, tetapi sudah sampai di tahap kekerasan hingga pembunuhan.

Meski begitu, kita harus menghindarinya sejak dini. Mulai dari hinaan atau kata-kata yang diucapkan oleh teman yang menyinggung perasaan. Ini biasanya terjadi di lingkungan kantor. Untuk para pekerja kantoran, B’timers pasti pernah merasa di hina oleh rekan kerja. Atau mungkin mereka membenci Anda secara diam-diam. Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami di posisi tersebut?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Oh, Begini Yang Dilakukan Bill Gates Selama Ini!

Saat masuk ke dalam ruangan kantor dan Anda merasa salah satu teman Anda tiba-tiba tidak tersenyum atau memberikan pandangan sinis, jangan langsung menganggap bahwa mereka tidak menyukai Anda. Tanyakan pada diri sendiri apakah orang ini benar-benar tidak menyukai Anda atau apakah mereka sama sekali tidak setuju dengan gagasan yang Anda utarakan.

Perlu diingat bahwa ketidaksepakatan tidak sama dengan kebencian. Nah, setelah menganalisis sendiri, Anda juga perlu melakukan kroscek terhadap orang yang bisa dipercaya dan orang yang dekat dengan Anda. Dari situ Anda akan memperoleh pendapat berbeda yang bisa dikembangkan untuk menemukan jawaban sesungguhnya.

Setelah Anda merasa puas dengan jawaban yang diterima, cobalah untuk mengajak orang yang membenci Anda ke tempat yang netral agar bisa mendiskusikan masalah secara pribadi dan terbuka. Anda juga bisa membawa fasilitator atau mediator untuk tidak memihak dan bisa memandu diskusi dengan baik.

Dengan cara ini, Anda bisa meminta untuk menjalin hubungan yang lebih baik dan menjelaskan segala kesalahpahaman yang terjadi. Kalaupun Anda salah atau tidak, tetaplah untuk selalu meminta maaf terlebih dahulu. Apapun yang membuat rekan kerja Anda tidak nyaman sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin.

Lakukan Trik Ini Ketika Dihina Rekan Kerja! | Breaktime
Tak perlu khawatir saat dihina rekan kerja
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis!

Tak sedikit dari kita pernah mengalami interaksi tidak nyaman dengan rekan kerja karena dihina tentang kehidupan pribadinya. Awalnya mungkin mereka hanya bercanda, tetapi seringkali melakukan hal tersebut di saat yang tidak tepat. Namun, memang semua itu sebaiknya tidak dilakukan, karena sangat sensitif untuk membicarakan kehidupan pribadi, khususnya keluarga.

Akan lebih baik kita menghindari untuk bercanda tentang pernikahan, seksualitas, fisik, atau rasial. Benci atau tidaknya terhadap seseorang, hal tersebut tetap dilarang. Memberi seseorang tatapan tajam juga cukup menempatkan mereka dalam keheningan yang lebih mematikan daripada tanggapan verbal.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda tak perlu khawatir. Para pengganggu ini biasanya akan menunggu bagaimana reaksi Anda. Jika Anda merasa terluka atau kecewa, itu justru akan membuat mereka bahagia. Berusahalah untuk tetap tenang dalam menghadapi intimidasi. Anda bisa menuliskan apa yang terjadi dan kapan itu terjadi. Simpan catatan rinci Anda tentang keadaan, apa yang dikatakan, dan siapa yang melakukan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Kantor-Kantor Ini Yang Bikin Betah Kerja!

Kalau memang sudah keterlaluan dan benar-benar merusak reputasi Anda, sebaiknya segera laporkan dan bawalah catatan kasus Anda. Laporkan kepada pimpinan atau siapapun yang berhak mengatasi masalah ini di kantor. Dengan begitu, Anda bisa memberi pelajaran terbaik untuk mereka yang suka mengganggu.

Jadi, sebaiknya mulailah dari diri sendiri untuk tidak terlalu membenci orang lain dengan cara bullying. Hindari mengeluarkan kata-kata yang bisa menyakiti orang lain, sehingga Anda pun juga tidak akan pernah disakiti. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE