Lakukan Ini Untuk Tahan Emosi Saat Cuaca Panas! | Breaktime
Lakukan Ini Untuk Tahan Emosi Saat Cuaca Panas!
31.08.2017

Saat musim-musim seperti ini, pernahkah B’timers merasa lebih mudah emosi atau cepat marah? Memang cuaca atau hawa yang sedang panas tak hanya membuat tubuh terasa letih dan gerah, tetapi juga akan sangat menguji emosi kita. Banyak juga orang yang merasa pusing ketika berada di bawah terik matahari. Tetapi, apa yang menyebabkan semua itu?

Bahkan yang lebih mengerikan lagi, saat cuaca panas juga mampu mempengaruhi tingkat kekerasan dan kriminal semakin tinggi. Hal ini tentu menjadi pertanyaan banyak orang. Apa yang membuat cuaca panas begitu mempengaruhi emosi manusia?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Oh, Begini Yang Dilakukan Bill Gates Selama Ini!

Dilansir dari Kompas, rupanya ini sangat berkaitan erat dengan reaksi psikologis seseorang. Suhu dalam tubuh akan meningkat karena cuaca panas sehingga mengakibatkan peningkatan denyut jantung, testosteron, dan reaksi metabolik yang mampu memicu sistem saraf simpatik dan mengaktifkan respon fight-or-flight yang akan membuat seseorang cenderung untuk melawan.

Penyebab lainnya juga terjadi karena perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh orang-orang ketika cuaca sedang panas. Itulah mengapa seseorang jadi lebih mudah emosi. Berbeda dengan cuaca dingin yang bisa disiasati dengan menggunakan baju hangat. Kalalu cuaca panas, rasanya akan terus mengikuti kita kemana saja.

Rasa tidak nyaman yang dialami oleh seseorang dan tekanan akibat sesuatu yang sulit dikendalikan akan membuat mereka jadi lebih mudah emosi. Kemarahan tersebut akhirnya dilampiaskan terhadap sesuatu lain yang ada di sekitar mereka. Bahkan orang yang sedang lewat di depan mereka akan dirasa sangat menyebalkan.

Lakukan Ini Untuk Tahan Emosi Saat Cuaca Panas! | Breaktime
Berteduh jadi salah satu tips mengatasi emosi saat cuaca panas
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis!

Nah, lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi emosi berlebihan ketika cuaca sedang panas? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap nyaman meski udara sedang panas-panasnya.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Terapkan aturan minimal 8 gelas per hari untuk mengatasi masalah dehidrasi, terutama saat cuaca sedang panas. Kurangi mengonsumsi kopi dan teh, karena kedua jenis minuman ini memiliki sifat diuretik yang akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Anda juga bisa memakai pakaian yang nyaman saat digunakan di musim panas. Gunakan pakaian berbahan tipis yang tidak mudah menyerap panas. Anda juga bisa menggunakan baju-baju berukuran longgar dan berwarna terang. Gunakan juga tabir surya untuk terhindar dari dehidrasi kulit. Selain itu, tabir surya juga akan sangat berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terlalu terik.

Untuk urusan asupan tubuh, jangan hanya memperbanyak minum air putih. Imbangi juga dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi. Jika Anda memiliki waktu luang, usahakan memanfaatkannya untuk istirahat sejenak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kendalikan Emosi Anda dengan Cara Sederhana Ini!

Hindari makanan yang terlalu tinggi protein, karena hal ini mampu meningkatkan panas dalam tubuh. Kurangi pemakaian kosmetik yang terlalu tebal untuk para wanita. Hindari paparan sinar matahari langsung. Jika terpaksa harus melakukan kegiatan di luar ruangan, sebaiknya carilah tempat yang teduh atau bawa payung untuk melindungi kepala dari panas matahari.

Cara terakhir untuk membuat Anda tetap nyaman saat cuaca panas adalah dengan diam di rumah dan mengurangi aktivitas di luar ruangan jika hal itu memungkinkan. Kemudian, Anda bisa menghabiskan waktu di rumah dengan melakukan hal-hal bermanfaat seperti browsing mencari informasi seputar dunia kesehatan di sini. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari emosi berlebihan dan pikiran tetap nyaman sepanjang hari. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE