Lakukan Ini untuk Bantu Cerdaskan Otak si Kecil | Breaktime
Lakukan Ini untuk Bantu Cerdaskan Otak si Kecil
18.05.2016

Sangat membahagiakan memiliki anak yang cerdas ya, B’timers? Apalagi jika dari riwayat keluarga memang cerdas-cerdas. Namun kecerdasan anak tidak hanya karena genetika, lho. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog Robert Sternberg menyimpulkan bahwa keterampilan dan pengetahuan anak-anak bukan dari genetik saja melainkan dari kemampuan belajarnya.

Lebih lanjut, menurut sebuah studi dari Genetics Home Reference hanya 50 persen dari kecerdasan anak diturunkan dari orang tua, sedangkan 50 persen sisanya dapat dikaitkan dengan lingkungan anak, ketersediaan sumber belajar, asupan gizi yang diterima, pola asuh dan pendidikan yang diberikan. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk membantu mencerdaskan buah hati?

Memperpanjang masa menyusui

Ada beberapa studi yang menghubungkan menyusui dengan perkembangan otak anak. Sebuah studi menunjukkan bukti bahwa durasi menyusui yang lama tidak hanya meningkatkan kecerdasan setidaknya sampai anak berusia 30 tahun, tetapi juga memiliki dampak baik pada kemampuan bermasyarakat dengan meningkatkan pencapaian prestasi yang produktif.

Mendorong anak-anak bermain balok dan video game

Dalam sebuah studi di University of Washington di Seattle ditemukan bahwa bermain dengan balok mendorong dan meningkatkan kemampuan bahasa balita hanya dalam durasi 6 bulan. Sedangkan riset di Queen Mary University of London dan University College School menunjukkan bahwa beberapa jenis video game dapat membantu meningkatkan pemikiran strategis anak dan membantu melatih otak untuk menjadi lebih waspada. Wah!

Lakukan Ini untuk Bantu Cerdaskan Otak si Kecil | Breaktime
Permainan balok meningkatkan kemampuan bahasa

Mengajak meditasi

Metode lain yang dianggap efisien dan efektif untuk merangsang kecerdasan mental anak adalah dengan mengendalikan pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak sekolah dapat meningkatkan nilai mereka jika mereka latihan pernapasan sebelum tes atau tugas.

Biarkan bermain dan belajar dari alam

Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Ketika otak dialiri darah segar mengandung oksigen, maka akan meningkatkan konsentrasi, kecepatan berpikir dan penalaran kompleks.

Lakukan Ini untuk Bantu Cerdaskan Otak si Kecil | Breaktime
Permainan outdoor meningkatkan kecepatan berpikir

Dorong anak untuk rajin membaca

Baca buku-buku cerita yang menarik ketika anak Anda masih kecil. Kemudian doronglah dia untuk rajin membaca saat ia sudah bisa melakukannya sendiri. Membaca sangat penting jika Anda ingin meningkatkan IQ anak-anak Anda, B’timers.

Selain itu, Anda pun harus memenuhi kebutuhan gizi makanan yang baik untuk otak seperti buah jeruk, telur, ikan dan daging tanpa lemak. Makanan tersebut sangat baik untuk meningkatkan memori, dan mencegah kelelahan mental. Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda! (nap)

Share This Article