Lakukan Ini dan Anda Takkan Stres Lagi di Kantor | Breaktime
Lakukan Ini dan Anda Takkan Stres Lagi di Kantor
31.01.2016

Kemajuan dan kemunduran prestasi dalam dunia kerja sudah baisa terjadi. Deadline ketat yang menuntut untuk segera diselesaikan kadang membuat Anda bekerja kurang hati-hati. Akibatnya, error tidak terhindarkan dari proyek yang sedang berjalan. Kesalahan yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan seperti itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika hal itu terjadi, Anda tentunya merasa tertekan dan merasa bersalah.

Daripada merasa bersalah, lebih baik jika Anda memaklumi diri Anda sendiri dan tetap tenang. Kesalahan bisa terjadi pada manusia dan itu adalah hal yang wajar. Jangan terlalu berlebihan menghadapi kesalahan Anda. Sebaliknya berilah ruang pada diri Anda untuk memperbaiki dan mengevaluasi apa kekurangan Anda.

Lakukan Ini dan Anda Takkan Stres Lagi di Kantor | Breaktime
Hindari kesalahan kerja agar tidak mengganggu psikologis

Nah, dengan cara-cara di bawah ini, dijamin ketenangan Anda dalam beraktivitas di kantor akan semakin meningkat. Ketenangan saat bekerja akan menghindarkan Anda dari serangan stres. Berikut 4 cara agar Anda tidak stres lagi di tempat kerja.

Longgarkan cengkeraman

Tahukah Anda bahwa posisi duduk saat bekerja juga mempengaruhi keadaan psikologis Anda? Nah, cobalah untuk tidak terlalu tegang dan kaku saat berada di ruang kerja. Duduklah dengan tegak dan nyaman. Anda juga jangan melulu berkutat dengan pekerjaan saja, cobalah berdiri atau berjalan ke kamar mandi dan dapur untuk membuat kopi. Di sela waktu, buka situs-situs yang bisa membuat pikiran Anda tetap segar.

Berpikir sebelum bicara

Stres seringkali membuat Anda malas berpikir panjang. Akibatnya, Anda mengungkapkan apapun tanpa berpikir terlebih dahulu. Padahal itu bisa membuat Anda semakin stres. Untuk melatih diri Anda agar terbiasa berpikir dulu sebelum berpikir, cobalah menulis beberapa kalimat dengan subyek “saya” dan obyek “Anda”. Lalu pindah posisi subyek dan obyeknya.

Misalnya pada kalimat “Anda sangat tidak kompeten, saya akan mengeluarkan Anda dari proyek ini.”, kemudian ganti dengan “Saya sangat tidak kompeten, Anda akan mengeluarkan saya dari proyek ini.” dan rasakan bagaimana perbadaan perasaan Anda.

Lakukan Ini dan Anda Takkan Stres Lagi di Kantor | Breaktime
Posisikan diri Anda sebagai orang lain

Atur niat dan rencana

Hati-hati dalam menjalankan  niat dan rencana Anda. Sebelum mengirim e-mail, baca sekali lagi dan pastikan tidak ada kekeliruan yang berakibat fatal. Jika tiba-tiba Anda merasa bosan, jangan menuruti diri Anda dan sebaliknya buatlah sesuatu yang menarik agar Anda bangkit lagi.

Siapkan strategi coping

Coping adalah strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Anda harus menyiapkan strategi coping saat Anda tahu diri Anda mulai terserang hal yang mungkin berakibat stres. Kenali diri Anda sendiri dan ketahui hal apa saja yang bisa membuat Anda terbebas dari mood buruk.

Jika Anda teratur melakukan tips tersebut, otak dan perasaan Anda akan terlatih untuk lebih santai dan tidak kaku. Intinya, buat diri Anda selalu merasa nyaman agar terhindar dari kesalahan teknis dalam bekerja yang berujung stres. Have a nice work, B’timers! (nap)

Share This Article