Lakukan Hal Kreatif, Meningkatkan Kesejahteraan? | Breaktime
Lakukan Hal Kreatif, Meningkatkan Kesejahteraan?
13.04.2017

Hal kreatif apakah, yang paling rutin Anda lakukan tidak hanya di waktu luang, namun pada saat Anda merasa membutuhkan tambahan asupan mood positif, B’timers? Well, berdasarkan hasil dari sebuah penelitian terbaru, terungkap bahwa, aktivitas sederhana yangmemiliki sifat kreatif di dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat membantu meningkatkan kesejahteraan seseorang, lho.

Wow, benarkah?

Lakukan Hal Kreatif, Meningkatkan Kesejahteraan? | Breaktime
Anak-anak sangat mudah menunjukkan sisi kreatif mereka

Sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa tingkat kesejahteraan seseorang datang dari sisi kreatif dari diri mereka, lho. Sebaliknya, mereka justru menilai, jika kreativitas adalah bagian dari jiwa yang tengah tersiksa. Pengertian tersebut datang dari kematian tragis yang dialamo para tokoh seni dunia, B’timers.

Sebut saja Sylvia Plath, Kurt Cobain hingga Vincent Van Gogh. Nama seniman besar tersebut dikenal di dunia karena banyak karya seni bernilai yang telah mereka buat.Dan meski menurut banyak studi yang mengungkapkan kebenaran yang mengungkapkan bahwa jika seseorang yang memiliki jiwa seni tinggi berisiko meningkatkan penyakit mental. Nah, tentunya ini berarti tingkat kesejahteraan mereka rendah.

Baca juga: AJARI ANAK CARA MANAJEMEN UANG, TIDAK SULIT, KOK

Namun jangan takut untuk menjadi pribadi yang kreatif dulu, lho, B’timers. Karena menurut penelitian lainnya terbukti, bahwa orang-orang yang bahagia daertan menjalani kehidupan mereka dengan penuh semangat adalah sosok yang rutin melakukan aktivitas ataupun kegiatan yang kreatif, B’timers. Suasana hati yang positif berjalan seimbang dengan pemikiran kreatif yang mereka miliki.

Lakukan Hal Kreatif, Meningkatkan Kesejahteraan? | Breaktime
Memasak adalah salah satu kegiatan yang tak kalah kreatif

Tamlin Conner, seorang peneliti dari University of Otago di New Zealand, bersama dengan peneliti lain dari Amerika Serikat, melakukan analisis terhadap lebih dari 650 orang dewasa selama 13 hari lamanya. Para peserta diberikan pertanyaan, seberapa lama waktu yang mereka habiskan untuk menyelesaikan salah satu kegiatan kreatif. Jawabannya dihubungkan dengan tingkat kesejahteraan mereka.

Baca juga: DENGAR MUSIK SEDIH BISA BIKIN BAHAGIA, BENARKAH?

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, mereka yang terlibat dalam kegiatan yang jauh lebih kreatif daripada biasanya atau dibandingkan dengan orang lain, terbukti memiliki tingkatan emosi yang positif lebih tinggi, B’timers. Bahkan yang mengejutkan, di hari berikutnya, tingkat emosi positif mereka semakin bertambah, lho.

Lakukan Hal Kreatif, Meningkatkan Kesejahteraan? | Breaktime
Sisi kreativitas Anda bisa sangat berguna di dunia pekerjaan, lho

Perbedaan terdapat dari hal yang sebaliknya. Di mana peserta yang memiliki emosi positif tinggi, mereka belum tentu terlibat dalam aktivitas yang kreatif, B’timers. Dan dari hasil yang disimpulkan berdasarkan studi yang dilakukan ini, telah terbukti bahwa, tingkat kesejahteraan seseorang berkaitan langsung pada kebiasaan kreatif yang mereka rutin lakukan. Jadi bukan, orang yang sejahtera yang aktif dalam kegiatan kreatif. Hasil ini tentunya terdengar cukup mengejutkan, ya?

Baca juga: SERING MENANGIS BIKIN KITA LEBIH KUAT, BENARKAH?

Namun sekalipun menurut Conner, bahwa hasil yang didapatkan dari penelitian ini belum bisa dijadikan sebagai bahan acuan, menurutnya temuan tersebut tetap menarik untuk ditindaklanjuti, B’timers. Para peneliti menemukan bahwa, orang yang lebih kreatif pada satu hari, biasanya pada hari berikutnya akan mendapatkan tambahan energi positif dan juga kegembiraan, lho.

Lebih lanjut diungkapkan Conner, bahwa dengan melakukan hal kreatif yang kita lakukan sehari-hari, tak masalah jika hal itu adalah kegiatan yang sederhana, dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat dan nilai kesejahteraan seseorang. Bukan hal yang mengejutkan, jika setelah seseorang menyelesaikan salah satu program kreatif, akan tumbuh perasaan baik yang positif.

Well, dari hasil penelitian yang diungkapkan di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk melakukan hal-hal kreatif setiap hari untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide