5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Hari Tua Menyesal | Breaktime
Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Menyesal di Hari Tua
14.08.2015

B’timers, pernahkah Anda menjumpai seseorang di usia senja yang mengatakan ingin mengulang masa mudanya kembali? Untuk sebagian besar orang, masa muda merupakan momen terindah karena mereka bisa melakukan hal apapun yang diinginkan tanpa terkendala kondisi fisik maupun faktor lainnya. Sebelum Anda juga merasaka penyesalan di hari tua, coba pertimbangkan 5 hal ini:

1. Tuntaskan pendidikan yang Anda impikan

Selesaikan pendidikan Anda agar tidak menyesal dikemudian hari
Selesaikan pendidikan Anda agar tidak menyesal dikemudian hari

Di usia yang masih muda, seseorang akan lebih mudah berkreasi dan berpikir lebih tajam. Kesempatan untuk memperluas pengalaman juga masih terbuka lebar. Maka dari itu, jangan ragu melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi selagi Anda masih bisa.

2. Rencanakan impian dan mulai prosesnya

Buat perencanaan tentang apa yang Anda mau, agar hasil bisa diraih di masa depan
Buat perencanaan tentang apa yang Anda mau, agar hasil bisa diraih di masa depan

Rencanakan semua hal-hal yang Anda inginkan dan mulai kerjakan di saat usia masih muda. Hal ini tentu akan membantu Anda lebih mudah meraihnya saat usia sudah semakin menua. Jadi saat tua nanti, Anda sudah bisa mencapai apa yang diinginkan dan tinggal menikmati hasilnya.

3. Menjelajah

Berkunjung ke alam terbuka adalah kegiatan yang menyenangkan
Berkunjung ke alam terbuka adalah kegiatan yang menyenangkan

Tidak sedikit orang-orang yang sudah berkeluarga dan berusia senja merasa menyesal karena tak pernah merasakan pengalaman berpetualang di alam bebas. Mumpung masih mudah dan memiliki fisik yang kuat, beranikan diri Anda untuk menaklukkan daerah-daerah yang menantang. Hal ini baik untuk kesehatan fisik dan mental. Pengalaman yang Anda dapatkan juga bisa dibagi pada anak dan cucu di masa depan.

4. Temukan pekerjaan yang membuat Anda merasa “hidup”

Carilah pekerjaan yang sesuai passion Anda
Carilah pekerjaan yang sesuai passion Anda

Kebanyakan orang memilih bertahan dalam sebuah pekerjaan karena alasan finansial. Saat ini mungkin materi lebih penting untuk Anda. Tapi coba pikir sekali lagi, saat sudah tua nanti, apakah Anda tak akan menyesal menyia-nyiakan masa muda hanya untuk mengejar materi dan membiarkan impian terpendam begitu saja?

5. Perbaiki hubungan dengan orang-orang terdekat

Jangan sia-siakan mereka yang menyayangi Anda
Jangan sia-siakan mereka yang menyayangi Anda

Semakin tua usia Anda, semakin Anda membutuhkan orang-orang yang bisa dipercaya dan diandalkan dalam berbagai kondisi. Maka dari itu, jangan ragu membuka diri pada teman, keluarga, dan rekan kerja. Ciptakan hubungan yang baik dan Anda akan memetik hasilnya saat sudah tua nanti.

Masa muda tak akan berlangsung selamanya, B’timers! Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan yang Anda miliki saat ini.

Share This Article