Kurang Tidur Siang saat Bayi Membuat Gangguan Mental | Breaktime
Kurang Tidur Siang Saat Bayi Bisa Sebabkan Gangguan Mental, Benarkah?
22.07.2015

Sebuah penelitian yang diunggah pada Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa tidur siang pada bayi selama 30 menit dapat membantu meningkatkan ingatan dan kecerdasannya. Namun, jika kurang waktu tidur siang, kondisi mental bayi akan mengalami gangguan ketika dewasa nanti.

Meskipun terlihat ‘enteng’, tidur siang bagi bayi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya lho, B’timers. Menurut Dr. Hendrawan Nadesul, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, tidur siang pada bayi merupakan sebuah ritual yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Berikut manfaat tidur siang bagi bayi yang disampaikan oleh Dr. Hendrawan:

Lebih bahagia

Bayi akan lebih bahagia setelah tidur siang
Bayi akan lebih bahagia setelah tidur siang

Kurang tidur siang pada bayi akan berdampak negatif pada kondisi mentalnya. Ketika kurang tidur, hormol kortisol penyebab stres meningkat sehingga tak heran jika anak menjadi rewel, cemas, tidak tertarik dengan lingkungannya, dan kurang bahagia. Lebih buruk lagi, saat dewasa bayi berisiko tinggi mengalami gangguan mental.

Bisa merangsang tumbuh kembang bayi

Tidur siang bisa merangsang tumbuh kembang otak bayi
Tidur siang bisa merangsang tumbuh kembang otak bayi

Anak-anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Hal ini dikarenakan, human-Growth Hormone (h-Gh) atau hormon pertumbuhan lebih aktif bekerja pada anak yang rutin tidur siang. Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh otak dengan dibantu hormon jenis lainnya untuk pengoptimalan tumbuh kembang sang bayi.

Badan akan segar

Dengan tidur siang, bayi akan memiliki badan yang segar dan sehat
Dengan tidur siang, bayi akan memiliki badan yang segar dan sehat

Jika bayi sudah mulai merangkak ataupun berjalan, kebanyakan mereka akan terus aktif bergerak yang bisa menimbulkan kelelahan. Maka dari itu, tidur siang bisa digunakan untuk mengistirahatkan tubuh agar tenaga bayi tidak terforsir terlalu keras. Tubuh bayi masih sangat rentan terserang penyakit jika dibandingkan dengan anak-anak. Maka dari itu, istirahat siang sangatlah diperlukan.

Ternyata, tidur siang berdampak besar dalam perkembangan mental bayi saat dewasa ya, B’timers. Maka dari itu, jangan sepelekan tidur siang pada buah hati, ya!

Share This Article