Kunci Penting Buat Buah Hati Lebih PD & Mandiri
Kunci Penting Buat Buah Hati Lebih PD & Mandiri
23.07.2017

Sungguh membanggakan dan membahagiakan ya bila memiliki anak yang mandiri dan percaya diri, B’timers? Anda jadi tak perlu lagi deh sedikit-sedikit mengomel pada anak karena Ia belum bisa mengikat tali sepatunya sendiri atau malu membayarkan uang ke kasir restoran. Anak yang mandiri dan percaya diri pun akan membuat pekerjaan Anda sebagai orang tua menjadi lebih enteng B’timers.

Tak usah ragu melatih anak untuk mandiri di usia muda
Tak usah ragu melatih anak untuk mandiri di usia muda

Oleh karena itu, Breaktime kali ini ingin mengajak Anda para orang tua untuk memahami sederet parenting tips yang berkenaan dengan hal ini. Dan yang perlu diingat, tujuan dari mengaplikasikan cara-cara ini sebenarnya bukan cuma agar Anda menjadi lebih bangga dan terkurangi bebannya dalam mengurus sang buah hati lho. Akan tetapi, cara ini adalah cara yang akan juga membuat hidup anak menjadi lebih mudah di masa depan lewat mindset untuk tak melulu bergantung pada orang lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Alasan Bahagiakan Anak Justru Buat Anda Tertekan

Langsung saja masuk ke tips yang pertama, Anda harus membangun rasa percaya terlebih dahulu terhadap anak Anda. Maksudnya adalah, jangan mudah merasa kasihan atau merasa bahwa anak tak akan mampu mengerjakan tugas yang Anda berikan. Misalnya saja anak Anda sebelumnya tidak biasa melaksanakan kegiatan sikat gigi sendiri sehingga harus Anda yang membantu menggerakkan sikat gigi di dalam mulutnya. Namun Anda sangat ingin agar kebiasaan ini berubah. Maka, Anda harus ‘tega’ untuk mengajarkan pada anak agar menyikat giginya secara mandiri sekalipun hasilnya jadi belepotan.

BACAJUGA:2 

It’s okay, B’timers. Namanya juga belajar, lagipula semua orang membuat kesalahan kan? Nah, baru disinilah tugas Anda untuk membetulkan dan memberitahu di mana kesalahan anak Anda. Tapi bukan berarti Anda jadi memarahi mereka ya! Bersabarlah dalam mendidiknya karena hasil kemandirian anak tidak akan muncul dalam waktu yang singkat melainkan hadir setelah anak terbiasa akan kebiasaan tersebut.

Biar anak semakin termotivasi, yakinkan bahwa Ia bukan anak kecil lagi. Namun hindari perkataan ‘kamu bukan lagi anak bayi’ karena usut punya usut, kalimat ini adalah kalimat yang bisa jadi akan menyakiti perasaan anak Anda. Dan kalau anak Anda berhasil melakukan kebiasaan mandirinya secara konsisten dalam periode waktu tertentu, maka bolehlah Anda memberikan reward kecil-kecilan seperti mainan atau buku bacaan baru. 

Pasti senang kan melihat anak berhasil melakukan pekerjaannya sendiri?
Pasti senang kan melihat anak berhasil melakukan pekerjaannya sendiri?

Penting lho untuk senantiasa menumbuhkan semangat anak dalam training kemandirian ini. Utamanya apabila Anda tengah mengajarkan kebiasaan yang terbilang sulit untuk dilakukan oleh anak Anda. Makanya Anda jangan pelit memberikan pujian pada mereka ya setelah mereka sukses menjalankan kebiasaannya. Pujiannya tak perlu berlebihan, cukup berikan kata-kata penyemangat seperti ‘wah adek pintar, ya. Mama jadi bangga deh’ . Bahkan kendati Ia gagal dalam mengeksekusi kebiasaan tersebut, Anda tetap harus memberinya kalimat positif lho. Contohnya saja anak Anda masih belum mampu memasang kancing bajunya secara berurutan, maka Anda bisa mengusap kepalanya dan berkata ‘adek pasti bisa kalau lebih teliti. Besok adek pasti bakal berhasil kok.’

BACA JUGA: http://breaktime.co.id/fashion/women-style/berikan-pujian-pada-anak-juga-ada-aturannya-lho.html

Yang tak kalah krusial, Anda bisa lebih terlibat dalam proses training kemandiriannya itu di awal-awal proses. Tak lain dan tak bukan, ini agar anak Anda tak merasa tertekan karena melakukan semuanya sendiri. Misalnya dalam hal mencuci baju, Anda bisa menyuruh anak untuk mencuci baju kaosnya sendiri sedangkan Anda membantunya untuk mencuci celana dan kemejanya. Dijamin, anak akan lebih percaya diri karena merasa melakukan hal yang setara dengan pekerjaan orang dewasa.  (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE