Kiat-Kiat Jitu untuk Pulang Kerja Tepat Waktu | Breaktime
Kiat-Kiat Jitu untuk Pulang Kerja Tepat Waktu
30.01.2016

Bagi sebagian orang, bekerja adalah hal yang menyenangkan. Mereka bisa saja lupa waktu dan menghabiskan seluruh waktunya untuk bekerja, apalagi bagi mereka yang gila kerja. Terkadang tak pulang kantor pada jamnya dan tinggal lebih lama memang bisa membuat atasan Anda memberi kesan positif untuk Anda.

Namun, ingat tidak semua atasan berpendapat demikian. Menunda waktu pulang dari kantor tidak selalu berarti Anda aktif dalam bekerja. Sebaliknya, hal itu bisa menjadi bukti bahwa Anda lelet dalam menyelesaikan pekerjaan.

Karena itu, tidak sedikit yang mengerjakan pekerjaan di kantor dengan ngebut agar cepat selesai dan bisa pulang ke rumah tepat waktu. Nah, bagi Anda yang ingin selalu on time meninggalkan kantor, berikut 5 cara menarik yang bisa Anda terapkan di hari-hari kerja Anda. Apa saja? Yuk, simak.

Mulailah tepat waktu

Jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu tentunya juga harus dimulai tepat waktu. Jangan sesekali menunda pekerjaan Anda meski hanya 15 menit. Hargai waktu yang Anda miliki dengan memanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk istirahat jika memang sudah waktunya istirahat. Terpaksa tetap bekerja saat istirahat justru akan membuat pekerjaan Anda tak cepat selesai karena kelelahan yang Anda rasakan beberapa jam kemudian.

Kiat-Kiat Jitu untuk Pulang Kerja Tepat Waktu | Breaktime
Tutup segera chatting atau telepon yang tidak penting

Tutup chat atau telepon yang tidak perlu

Pekerjaan kantor memang tak lepas dari koneksi internet. Koneksi ini dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi dengan rekan kerja tanpa harus mondar-mandir di kantor dan mengeluarkan suara yang mengganggu pekerja lainnya. Nah, agar waktu kerja Anda tidak terbuang, tutup percakapan atau chatting yang tidak penting dan bukan tentang pekerjaan. Terlalu asyik mengobrol lewat aplikasi chatting akan membuat pekerjaan Anda tertunda, bukan?

Utamakan hal yang penting

Salah satu trik jitu untuk mengakhiri pekerjaan tepat waktu adalah dengan mengutamakan pekerjaan yang penting. Sebisa mungkin selesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang penting dan berat selama Anda masih berada dalam kondisi yang prima. Jangan menunda memulainya meski terlihat berat dan memusingkan.

Kiat-Kiat Jitu untuk Pulang Kerja Tepat Waktu | Breaktime
Mintalah penjelasan sejelas-jelasnya dari partner Anda

Koordinasikan dengan rekan

Jika Anda bekerja dalam sistem shift, koordinasikan job desk Anda dengan partner Anda ketika memasuki pergantian shift. Pastikan rekan Anda saling memberi dan menerima penjelasan dengan jelas. Jika Anda di awal shift, selesaikan pekerjaan Anda dan mintalah rekan Anda menangani sisa pekerjaan yang belum selesai. Sebaliknya jika Anda bekerja di shift kedua, mintalah informasi sejelas-jelasnya dari rekan Anda agar pekerjaan Anda tidak terhambat.

Nah, B’timers, dengan informasi di atas, semoga Anda bisa mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Namun, jangan lupa bahwa kesehatan adalah faktor utama untuk mendukung kinerja Anda, ya! (nap)

Share This Article