Keuntungan Anak-Anak yang Memiliki Ibu Pekerja | Breaktime
Keuntungan Anak-Anak yang Memiliki Ibu Pekerja
01.09.2016

Sudah lama, ibu yang bekerja jadi perdebatan di masyarakat, terutama bagi kalangan orangtua. Seringkali ibu pekerja dikritik karena dianggap tak selalu ada waktu untuk anak-anak mereka. Padahal B’timers, menurut penelitian oleh Harvard Business School, justru banyak keuntungan memiliki ibu pekerja bagi anak-anak, seperti berikut ini.

Menjadi panutan yang baik

Anak perempuan harus sadar sejak dini bahwa mereka juga harus berpikir tentang karier, bukan hanya menikah dan punya anak. Sementara anak laki-laki perlu menyadari bahwa kehidupan rumah tangga jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sebuah keluarga.

Anak jadi lebih independen

Jika sang ibu bekerja di luar rumah, maka anak-anak dengan sendirinya akan jadi sangat mandiri, bahkan mereka akan terbiasa menyiapkan makanan sendiri, penuh tanggung jawab! Dan sikap ini akan terus terbawa hingga dewasa.

Baca juga : 3 RESTO BANDUNG INI SEDIA PLAYGROUND UNTUK ANAK

Quality time dengan anak

Tak sedikit ibu rumah tangga yang lebih sibuk dengan gadget dan jadi mengabaikan anak mereka. Keuntungan memiliki ibu pekerja bagi anak, sang ibu tahu bahwa di rumah saatnya menjauhkan gadget dan lainnya, mendedikasikan 100% waktu mereka untuk anak.

Keuntungan Anak-Anak yang Memiliki Ibu Pekerja | Breaktime
Ibu pekerja justru punya kelebihan untuk perkembangan anak-anak

Anak lebih pandai bersikap

Banyak wanita khawatir jika tak punya cukup waktu bersama anak mereka, maka sang anak bisa bermasalah dalam perilaku. Namun justru sebaliknya, berdasarkan studi sejak tahun 1960, anak-anak para ibu pekerja berperilaku lebih baik dibandingkan anak-anak yang ibunya tinggal di rumah.

Baik untuk perkembangan emosional anak

Banyak penelitian yang dilakukan di University College London membuktikan bahwa keseimbangan antara pekerjaan dan komitmen sebagai orangtua, justru membantu perkembangan emosional anak.

Wah, bagaimana dengan Anda? Apa B’timers juga merasakan keuntungan memiliki ibu pekerja, di masa dewasa seperti sekarang? (md)

Share This Article