Ketika Tidak Sesuai Rencana, Apakah Salah Anda? | Breaktime
Ketika Semua Tidak Sesuai Rencana, Apakah Itu Salah Anda?
21.12.2015

Apakah Anda sering menyalahkan diri sendiri atas apapun yang terjadi? Meskipun itu merupakan masalah orang lain? Dan terus meminta maaf untuk sesuatu yang tidak Anda lakukan?

Well, beberapa dari kita merasa wajib memikul beban dunia di pundak. Kita mencemaskan pasangan, teman-teman, anak-anak kita, dan berusaha ntuk melakukan segalanya semampu kita demi memastikan mereka baik-baik saja.

Anda tidak bisa membuat semua orang bahagia

Ketika seorang kawan melupakan deadline tugas akhirnya, kita akan merasa seharusnya lebih sering mengingatkannya. Sementara anak kita pulang ke rumah dengan keadaan marah setelah berkelahi dengan teman sekelasnya, Anda lantas berpikir seandainya dulu memilih sekolah yang lain untuknya.

Dan, ketahuilah, B’timers, daftar itu akan semakin panjang, sampai kita menyadari tidak dapat membuat semua orang di sekitar kita bahagia. Sebagian orang akan menolak usaha dan bantuan kita, bahkan mengakhiri persahabatan dengan kita.

Ketika Tidak Sesuai Rencana, Apakah Salah Anda? | Breaktime
Kebahagiaan orang terdekat merupakan hal terbaik

Biarkan mereka mengambil tanggung jawab masing-masing

Meskipun sebenarnya kita dapat memberi semangat pada orang-orang, menyuport mereka dengan persahabatan kita, kita tidak dapat mengambil tanggung jawab atas kebahagiaan mereka. Jika Anda benar-benar ingin melakukan yang terbaik untuk orang-orang yang disayangi, biarkan mereka mengambil tanggung jawab atas diri mereka sendiri.

Karena ada perbedaan antara mengambil alih tanggung jawab orang lain untuk membantunya, dengan mencoba menyelesaikan permasalahan mereka. Dengan Anda membiarkan mereka bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, Anda telah membiarkan mereka belajar tentang kehidupan.

Terakhir, ini alasan mengapa Anda tidak disarankan menyalahkan diri sendiri

Merasa sangat frustasi tentunya, ketika semua harapan Anda tidak berjalan sesuai keinginan. Namun, seperti yang kita ketahui, kita sendiri tidak mungkin menyelesaikan seluruh masalah yang timbul. Sekalipun itu karena kesalahan kita di masa lalu, misalnya. Mengapa demikian?

Anda tetap tidak tahu apa yang akan terjadi jika dulu memilih jalan yang berbeda. Dan keputusan yang kita ambil saat itu merupakan keputusan terbaik berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki saat itu. Sementara itu, dengan terus menyalahkan diri sendiri, belum tentu membuat segalanya menjadi lebih baik. Dan tidak mungkin dapat menyelesaikan masalah. Namun, jangan khawatir, karena biasanya setelah hal buruk terjadi, keadaan akan menjadi lebih baik perlahan.

Nah, B’timers, jangan terlalu keras pada diri Anda sendiri, ya? Karena bagaimanapun menyalahkan diri atas kesalahan apapun tidaklah dibenarkan.

Share This Article