Ketahui Perbedaan Gen Millennial dan Gen X | Breaktime
Ketahui Perbedaan Gen Millennial dan Gen X
25.08.2016

Apakah Anda pernah mendengar generasi millennial dan generasi X? Lalu, tahukah Anda apa yang membedakan dua generasi ini? sebelum terlalu jauh mengupas tentang perbedaan kedua generasi ini, sebaiknya ketahui dulu apa itu generasi millennial dan generasi X.

Generasi Millennial atau yang biasa disebut dengan generasi Y adalah Anda yang kelahirannya antara tahun 1981 – 1994. Generasi millennial ini termasuk generasi orang-orang dengan usia produktif dan mendominasi pasar saat ini.

Generasi X adalah generasi dengan orang-orang yang lahir antara tahun 1965 – 1980. Orang-orang pada generasi ini adalah orang yang lahir di tahun-tahun awal kemunculan PC, video games, tv kabel, dan internet. Lalu apa sih perbedaan dari gen X dengan gen Y, khususnya dalam dunia kerja? Berikut ini ulasannya.

Baca juga : REKAN KERJA BIKIN EMOSI? INI CARA MENGATASINYA

Kelemahan dan Kekuatan antara Generasi Millennial dengan Generasi X

Masing-masing generasi tentunya memiliki kelemahan dan juga kekuatan. Itulah yang akan menjadi perbedaan antara kedua generasi ini, khususnya kelemahan dan kekuatan mereka dalam dunia kerja.

Etos Kerja : Generasi Millennial cenderung lebih bisa mengelola diri dan nilai-nilai keseimbangan. Hal itu sama seperti yang diharapkan oleh generasi X.

Penghematan Biaya : Menurut studi yang dilakukan oleh Ernst dan Young, menyatakan bahwa generasi millennial jauh lebih peduli tentang keuangan dan lebih baik dalam menyimpan uang.

Ketahui Perbedaan Gen Millennial dan Gen X | Breaktime
Generasi X yang lahir antara tahun 1965 - 1980

Manajemen : Gen X lebih unggul dalam hal ini, mereka menjembatani kesenjangan antara generasi tua dan muda. Sedangkan generasi millennial kesulitan dalam melakukan pengelolaan, yang disebabkan oleh keterampilan usia dan lingkungan sosial mereka.

Teknologi : Kedua generasi ini sama-sama hidup dalam dunia dengan kemajuan teknologi yang pesat, namun generasi millennial lebih unggul dalam hal ini karena mereka menganggap bahwa teknologi merupakan gaya hidup.

Adaptasi : Meskipun gen X hidup dalam awal perkembangan teknologi, mereka masih mampu beradaptasi sangat baik dengan lingkungan sekitar. Sedangkan gen Y cenderung menjadi pemain dalam tim. Mereka menganggap bahwa seorang mentor dapat membantu mereka untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Jadi itulah perbedaan dari generasi millennial dan generasi X. Anda sendiri berada di generasi yang mana? Apapun itu, yang terpenting adalah Anda harus tetap bisa bersosialisasi dengan baik dan tidak terlalu addict dan terbawa arus kemajuan teknologi. (vpd)

Share This Article