Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini!
10.02.2016

B'timers sudah bekerja? Apa saja yang sudah Anda dapatkan selama bekerja? Cukup sulit untuk menjawabnya? Kebanyakan orang di usia muda sedikit keliru dengan perspektif mereka bahwa gaji yang diterima hanya cukup untuk biaya hidup selama sebulan. Tapi tahukah B'timers?

Sebenarnya, berapapun gaji yang Anda dapatkan sudah cukup untuk Anda donasikan dalam kehidupan sehari-hari. Yang membuatnya habis terpakai adalah, kurangnya pengaturan keuangan serta investasi. Investasi tidak harus mendonasikan uang Anda pada pihak penjual saham, melainkan cukup menabung.

Bahkan, milyarder dunia juga awalnya melakukan segala hal dari nol. Itu semua berkat kepandaian mereka dalam menabung dan mengontrol diri agar tidak kalah dengan hasrat belanja. Bagi Anda yang ingin mulai menabung, berikut sejumlah tips dari para milyarder dunia :

1. Bill Gates

Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Dengan kekayaannya, Bill Gates bisa bertahan hidup tanpa bekerja dengan gaya hidup mewah

Belajarlah dari kesalahan Anda di masa lalu. Menurut Bill Gates, kesalahan terbesar yang pernah Anda buat akan menuntun Anda pada kesuksesan apabila Anda mau mempelajari polanya. Jadi, cobalah Anda mengingat kembali bulan lalu apa yang membuat Anda gagal menyisihkan uang? Pasti tidak jauh dari gaya hidup. Kontrol keuangan Anda dan pangkas waktu untuk bersenang-senang agar Anda terbebas dari masalah ini.

2. Mark Zuckerberg

Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Pendiri Facebook ini ternyata memiliki metode tersendiri untuk menabung

Hiduplah dengan sederhana. Memiliki gaya hidup yang sederhana, tidak berlebihan asal Anda memilikinya adalah salah satu tips agar Anda bisa menabung. Seperti contoh, kendaraan. Belilah kendaraan yang tidak terlalu mahal tapi cukup bisa membuat Anda berhemat dari waktu ke waktu. Bayangkan saja, Anda bisa menghemat berapa banyak pengeluaran apabila Anda memiliki kendaraan?

3. Warren Buffett

Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Menurut Buffett, sumber pengeluaran terbesar disebabkan karena tidak memiliki rumah

Beli rumah terlebih dahulu. Target selanjutnya agar Anda bisa menabung dengan jumlah banyak adalah, belilah rumah terlebih dahulu. Rumah memiliki banyak fungsi seperti tempat berlindung dan investasi. Anda tidak perlu repot menyewa apartemen atau kos dan tentunya Anda juga bisa menghemat banyak pengeluaran tidak penting lainnya.

4. Richard Branson

Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Menurut Branson, Anda wajib bermimpi namun segeralah beraksi agar itu tidak jadi mimpi

Tetapkan target dan kejarlah hal itu dengan sekuat tenaga. Richard Branson yang memiliki kekayaan 5,1 juta Dollar Amerika ini berhasil mendirikan sebuah grup yang bisa mendanai hidupnya di masa depan. Awalnya itu semua adalah target dari angan-angan dan hal itulah yang memotivasinya untuk mengumpulkan uang agar bisa mencapai hal yang diinginkan.

5. T. Boone Pickens

Kesulitan Menabung? Contoh Cara 5 Milyarder Ini! | Breaktime
Penghematan bisa dimulai dengan menerapkan daftar bulanan

Tetapkan daftar bulanan dan bawalah uang cash yang hanya cukup untuk membeli semua yang ada di dalam daftar. Menurut Pickens, hal ini bisa membantu Anda menyimpan banyak uang karena hal yang biasa Anda gunakan selama sebulan akan terbeli semua. Ini bisa membuang alasan untuk kembali mengeluarkan uang dari kartu ATM. Jadi Anda tidak akan tergoda untuk menghabiskan uang Anda dengan sia-sia.

Itulah kelima tips dari milyarder dunia yang mungkin bisa Anda coba di rumah. Masalah terbesar sebenarnya ada pada diri sendiri, jadi Anda jangan kalah dengan hasrat Anda sendiri, B'timers. (wsu)

Share This Article