Kesedihan Punya Manfaat di dalam Kehidupan Anda? | Breaktime
Kesedihan Punya Manfaat di dalam Kehidupan Anda?
03.05.2017
“Sadness operates like a mild alarm signal, triggering more effort and motivation to deal with a challenge”

Well, semua orang tentunya pernah merasakan yang namanya sedih. Tetapi sayangnya kesedihan bukan merupakan bagian yang dianggap menyehatkan di dalam budaya kita saat ini, B’timers. Hal tersebut bisa kita perhatikan dengan tidak sedikit orang yang mencibir jika melihat orang lain tenggelam di dalam laut duka dan kesedihan.

Kesedihan Punya Manfaat di dalam Kehidupan Anda? | Breaktime
Kesedihan tak selamanya bawa manfaat negatif

Selama ini manusia dituntut untuk selalu berpikir positif, menunjukkan sikap yang positif dan penuh sifat berani dan juga semangat. Di balik itu, kita pun menganggap kesedihan merupakan wujud dari perasaan emosi yang penuh dengan masalah. Oleh karena itu tidak ada tempat bagi kesedihan untuk ada di dalam kehidupan.

Eits, Anda salah, B’timers! Karena kesedihan menyimpan manfaat positif di dalam kehidupan Anda, lho! Ada banyak penelitian yang dilakukan demi untuk mencari tahu apakah benar yang namanya kesedihan ini benar-benar hanya memberikan manfaat buruk bagi seseorang. Dan hasilnya cukup mengejutkan jika kita dengarkan! Ya, kesedihan ternyata sangat baik untuk kehidupan Anda, B’timers!

Baca juga: LAWAN KANTUK DENGAN CARA MENGATASI NGANTUK, YUK!

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa, kesedihanlah yang membantu orang memperbaiki emosi di dalam diri mereka. Di bawah ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan dari kesedihan yang biasanya dihindari!

Tahukah Anda jika ternyata emosi negatif, yaitu kesedihan dapat membantu Anda untuk memperbaiki daya ingat. Pada saat hari-hari kelabu, di mana suasana yang tercipta begitu tidak menyenangkan, kita tentu akan merasakan suasana hati yang biru menyapa, B’timers. Nah, pada kodisi seperti inilah orang biasanya akan memiliki daya ingat yang jauh lebih baik terhadap detail suatu objek.

Kesedihan Punya Manfaat di dalam Kehidupan Anda? | Breaktime
Saat sedih, seseorang akan menjadi lebih peduli

Dan tidak hanya itu saja, lho, B’timers. Kesedihan dapat meningkatkan penilaian kita terhadap sesuatu. Jika biasanya orang lebih cenderung membuat kesalahan sosial karena mencoba menutupi kesedihan dengan menunjukkan wajah bahagia, maka dengan menunjukkan kesedihan tanpa menyembunyikan apapun, kita akan dapat mengurangi penilaian yang biasanya dilakukan oleh orang lain.

Baca juga: ATASI STRES DI KEHIDUPAN KANTOR DENGAN TIPS INI!

Yang tidak terlalu banyak diketahui oleh umum, adalah kesedihan dapat sekaligus memberikan motivasi pada seseorang, lho, B’timers. Kebahagiaan menandakan pada seseorang jika mereka sudah berada di situasi yang aman dan nyaman. Sebaliknya kesedihan seolah seperti sinyal alarm yang memotivasi Anda untuk mengubah keadaan dan juga kondisi yang tengah mengelilingi saat ini.

Kesedihan Punya Manfaat di dalam Kehidupan Anda? | Breaktime
Berikan waktu jika si dia sedang merasa sedih

Manfaat yang didapatkan dari kesedihan terhadap kehidupan Anda adalah bisa membantu memperbaiki cara Anda untuk berinteraksi dengan orang lain, B’timers. Orang yang sedih biasanya lebih fokus kepada komunikasi yang lebih dalam. Jika dibandingkan dengan mereka yang sedang merasa bahagia, biasanya mereka justru lebih mengandalkan kesan pertama yang timbul sebelum interaksi sosial terjadi.

Baca juga: PUNYA UANG BANYAK BISA DATANGKAN BANYAK MASALAH?

Untuk manfaat baik bagi kehidupan Anda yang diberikan oleh kesedihan adalah dapat membantu Anda berubah menjadi seseorang yang lebih ramah dan baik, B’timers. Mereka yang tengah berada di dalam suasana hati negatif, yaitu kesedihan, biasanya jauh lebih memperhatikan keadilan. Jadi mereka bakalan memikirkan terlebih dahulu sebelum berbicara dan berinteraksi dengan orang lain.

Pikiran bisa bergerak dengan sangat cepat, menjadi sulit untuk dipahami serta berat untuk diungkapkan. Dengan manfaat yang baik bagi kehidupan dari kesedihan, Anda kini tidak memusuhi perasaan tersebut, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE