Kesalahan Finansial Pasangan Umur 30-an | Breaktime
Kesalahan Finansial Pasangan Umur 30-an
18.03.2016

Anda sudah puas dengan pendapatan dari pekerjaan saat ini, B’timers? Selain itu apakah pekerjaan pasangan juga dirasa cukup untuk memenuhi setiap kebutuhan kalian? Well, tidak peduli berapa banyak penghasilan Anda dalam sebulan, masalah keuangan selalu menjadi penyebab utama banyak orang, B’timers.

Dan menurut para ahli keuangan, adanya perubahan besar dalam hidup, khususnya bagi mereka yang sudah menikah, kesalahan keuangan semakin merajalela. Berikut kesalahan finansial yang sering dilakukan pasangan usia 30-an, B’timers.

  • Menghindari pembicaraan mengenai keuangan

Membahas keuangan pribadi Anda dengan pasangan sejatinya sangatlah penting. Apalagi jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, B’timers. Namun sayangnya banyak pasangan yang justru berusaha menghindari topik krusial ini. Bagi pasangan yang menikah, sebisa mungkin bersikaplah terbuka mengenai pendapatan Anda dan untuk apa saja Anda gunakan gaji sebulan.

Kesalahan Finansial Pasangan Umur 30-an | Breaktime
Selalu bicarakan pada pasangan mengenai kondisi keuangan
  • Menghabiskan dana besar untuk pernikahan

Siapapun pasti ingin merayakan pesta pernikahan yang tak terlupakan. Dan hal itu membuat mereka tidak segan untuk berhutang demi mendapatkan kenangan terindah saat menikah. Simpan tabungan Anda untuk menjalani masa depan dengan pasangan. Karena seiring dengan waktu, kebutuhan finansial akan semakin bertambah. Terlebih jika Anda memutuskan untuk memiliki anak dalam waktu dekat.

  • Enggan mengeluarkan uang ekstra

Terkadang pendapatan masing-masing bukanlah masalah utama. Melainkan karena mereka sama-sama enggan untuk mengeluarkan uang ekstra. Misalnya, ketika mereka sama-sama sibuk hingga akhir pekan, hingga tidak dapat membersihkan rumah. Tidak sedikit yang mengaku enggan untuk mengalah demi menyewa tenaga ahli untuk membantu membersihkan rumah.

  • Mencoba memisahkan segalanya

Banyak yang memilih untuk membuka kartu kredit sendiri-sendiri. Hal ini tidak menguntungkan Anda dan pasangan, B’timers. Karena tidak akan mudah dalam melacak pengeluaran setiap bulannya. Dan hal itu tidak menutup kemungkinan menimbulkan pertengkaran. Padahal sudah cukup setiap pasangan memiliki satu kartu kredit saja.

Kesalahan Finansial Pasangan Umur 30-an | Breaktime
Buat buku catatan berisi semua pengeluaran harian
  • Tidak membandingkan rencana asuransi kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting. Namun yang jarang diperhatikan oleh setiap pasangan adalah tidak membandingkan polis asuransi yang ada. Karena tidak semua asuransi kesehatan yang ada cocok untuk semua keluarga. Ada beberapa kebijakan asuransi yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan membelinya, B’timers.

Selain itu, banyak pasangan yang berasumsi akan memiliki lebih banyak uang di masa depan, juga merupakan kesalahan finansial pasangan usia 30-an, lho, B’timers. Nah, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan itu agar tidak menimbulkan pertengkaran, ya, B’timers? (NO)

Share This Article