Kerja Cerdas, Bikin Hidup Jadi Lebih Hidup | Breaktime
Kerja Cerdas, Bikin Hidup Jadi Lebih Hidup
06.12.2015
“ I can’t belive I work this hard to be this poor.”—Minions

Siapa yang tidak lelah bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore bahkan lebih tapi hasil yang diperoleh tidak seberapa? Mungkin beberapa di antara B’timers bisa menolerir keadaan ini selama beberapa bulan, tapi tak banyak juga yang tak tahan dengan rutinitas kurang produktif semacam ini.

Nah, alih-alih menanamkan mind set bekerja keras, mengapa tak memilih bekerja cerdas saja? Bekerja cerdas setidaknya memberikan Anda ruang lebih luas untuk produktif dalam waktu singkat. Berikut Breaktime bagikan tips melakukannya:

Buat rencana sebelum tidur

Sebelum tidur malam, cobalah berpikir tentang pekerjaan apa saja yang perlu Anda selesaikan besok di kantor. Buatlah daftar pekerjaan yang paling urgent berada pada top list Anda. Sekilas cara ini mungkin akan sedikit memangkas waktu tidur malam, tapi saat bangun pagi Anda akan lebih rileks karena sudah punya rencana jelas untuk dilakukan. Cara ini juga menghindarkan Anda dari momen blank cukup lama saat tiba di kantor.

Acuhkan ponsel dan email sementara

Bila Anda memang sudah memiliki target pasti untuk dikerjakan hari ini, fokuslah menyelesaikannya. Tahan diri untuk mengecek ponsel atau email sebab kebiaasaan ini bikin Anda jadi multitasking dan disibukkan dengan job lain yang kurang mendesak. Kalau sudah begitu, konsentrasi Anda akan pecah seketika dan sulit menyelesaikan pekerjaan secara smart.

Kerja Cerdas, Bikin Hidup Jadi Lebih Hidup | Breaktime
Tingkatkan kemampuan mengetik dan hafalkan shortcut keyboard

Percepat kemampuan mengetik

Bila Anda memang bisa mengetik dengan lebih dari empat jari, mengapa tidak dicoba? Anda banyak tutorial yang bisa B’timers dapatkan untuk menguasai kemampuan ini. Selain itu, hafalkan berbagai shortcut keyboard seperti tekan F2 untuk rename file, tekan windows + E untuk membuka eksplorer dan masih banyak lainnya. Makin banyak shortcut keyboard yang Anda hafal, makin cepatlah pekerjaan tersebut.

Belajar menolak

Menjadi pegawai kantor bukan berarti Anda harus melahap semua beban yang diberikan kantor. Bila beban kerja yang diberikan perusahaan memang dirasa super nonsense atau bahkan tidak worth it untuk dikerjakan, jelaskan baik-baik mengapa Anda tidak bersedia melakukannya. Lakukan negosiasi dengan baik dan kepala dingin agar B’timers tetap produktif mengerjakan hal lain yang lebih penting

Kurangi sikap perfeksionis

Terkadang hambatan bekerja cerdas justru datang dari diri sendiri, yakni saat Anda berubah jadi perfeksionis. Orang perfeksionis akan menghabiskan banyak waktunya pada satu pekerjaan dan menunda sederet pekerjaan penting lain yang menanti hari itu juga.

Cobalah untuk sedikit menurunkan standar perfeksionis Anda, terlebih bila selama ini atasan ataupun klien tidak pernah mempermasalahkannya. Anyway, lowering a perfection is not a crime. You’re still doing it good, actually.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap bekerja lebih cerdas? Bila B’timers sudah berhasil melakuknnya, jangan sampai Anda jatuh pada perangkap bekerja cerdas untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan kantor lainnya, ya.

Begitu waktunya pulang, pulanglah. Nikmati waktu istirahat B’timers untuk menikmati hidup dengan aktivitas yang sungguh datang dari hati. (vsc)

Share This Article