Orang Pintar Justru Sering Bertingkah Aneh? | Breaktime
Kenapa Orang Pintar Justru Sering Bertingkah Aneh?
19.11.2015

Tak ada yang salah dengan orang yang pintar. Bukankah orang-orang yang cerdas memiliki lebih banyak uang, hidup lebih sejahtera dan bahkan lebih panjang umur? Orang pintar terlihat sangat beruntung dan selalu menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun, sebenarnya ada sisi lain dari kisah hebat tentang orang-orang pintar, B’timers.

Mungkin Anda punya teman yang pintar dan ia sering bertingkah konyol atau bahkan aneh. Ini karena orang yang pintar justru sering terbutakan oleh logika mereka sendiri. Sehingga, mereka tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya mengatakan atau melakukan hal yang salah. Jika melakukan kesalahan, semakin sepele kesalahan tersebut justru semakin orang pintar sulit untuk menerimanya.

Inilah mengapa orang pintar justru sering bertingkah aneh:

Orang pintar terlalu percaya diri

Pujian dan penghargaan yang didapat sepanjang hidup membuat orang pintar sangat yakin betul dengan kecerdasan dan kemampuan mereka. Namun, inilah bahayanya. Orang pintar seringkali sulit menyadari bahwa mereka membutuhkan bantuan, dan saat sadar mereka cenderung percaya bahwa tak ada orang yang bisa membantunya.

Mereka terlalu memaksakan orang lain

Orang pintar bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka mau. Semudah itu orang pintar tidak mengerti bahwa untuk mendapatkan hal yang sama, banyak orang lain yang harus bekerja susah payah. Orang pintar cenderung memasang standar yang terlalu tinggi, dan saat orang lain tak semudah atau secepat mereka dalam mencapai suatu hal, mereka menganggap itu karena kurangnya usaha, padahal tidak seperti itu.

Mereka harus selalu benar

Setiap orang memang sulit menerima bahwa mereka salah. Nah, itu lebih sulit lagi bagi orang pintar karena mereka tumbuh dengan pujian dan prestasi yang membuat mereka selalu merasa benar, hingga “benar” seakan sudah menjadi bagian hidupnya. Bagi orang pintar, kesalahan bagaikan serangan, dan “benar” adalah kebutuhan.

Orang Pintar Justru Sering Bertingkah Aneh? | Breaktime
Orang pintar memiliki IQ tinggi namun kadang kurang dalam EQ

Mereka kurang dalam hal kecerdasan emosional

Sebenarnya, orang pintar juga memiliki kecerdasan emosional atau EQ yang sama dengan orang lain. Namun, saat EQ itu kurang, pada orang pintar akan terlihat sangat jelas. Dengan kecerdasan intelektual atau IQ yang tinggi dan EQ yang kurang, mereka akan melihat dunia seperti sistem pemerintahan. Pencapaian menjadi hal terpenting, sementara orang lain dan perasaan tak menjadi hal yang perlu dipikirkan.

Mereka menyerah saat gagal

Terkadang, saat mengalami kegagalan, orang pintar cenderung merasa seperti dunia telah berakhir. Itu karena mereka sudah terbiasa dengan kesuksesan, sehingga satu kegagalan bisa membuat mereka tidak bisa menolerirnya. Sementara, orang yang harus bekerja keras untuk mencapai sesuatu sekaligus melatih mental untuk selalu siap gagal.

Mereka melakukan banyak hal sekaligus

Orang pintar berpikir dengan sangat cepat, itulah mengapa mereka merasa tidak sabaran. Mereka ingin menyelesaikan banyak hal sekaligus sehingga seakan tidak ada waktu untuk berhenti sejenak bagi mereka. Padahal, justru mengerjakan banyak hal sekaligus sebenarnya tidak efektif dan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Mereka sulit menerima kritikan

Orang pintar cenderung sulit menerima opini yang diberikan orang lain. Mereka sulit percaya bahwa kritikan dan masukan dari orang lain sebenarnya sangat bermanfaat dan bisa membantu mereka. Ini tak hanya menghambat perkembangan mereka, namun juga bisa menciptakan hubungan yang tidak sehat baik secara personal maupun profesional.

Jadi, itulah mengapa orang pintar justru sering mengatakan atau melakukan hal-hal yang aneh dan sulit kita mengerti, B’timers. (md)

Share This Article