Kenali Jenis Pelecehan Seksual, Catcalling Juga Termasuk Lho! | Breaktime
Kenali Jenis Pelecehan Seksual, Catcalling Juga Termasuk Lho!
07.06.2018

Breaktime.co.id - Akhir-akhir ini sedang santer berita tentang seorang publik figur yang mempublish pengalaman pelecehan seksual yang dialaminya. Nah, kamu tau gak sih jenis-jenis perilaku apa saja yang masuk ke dalam kategori pelecehan seksual?

Menurut Wikipedia, Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan yang berkaitan dengan seks yang diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lain yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

Pelecehan seksual selama ini lebih sering memposisikan wanita jadi korban, tapi sebenarnya pelecehan seksual bisa dialami oleh siapa saja, termasuk kaum pria.

Pemerkosaan adalah salah satu contoh pelecehan seksual, tapi bukan hanya itu saja yang masuk dalam jenis pelecehan seksual lho. Ada banyak jenis pelecehan seksual, dan kamu perlu tau. Yuk simak di bawah ini bareng Breaktime.

Menurut kategorinya, pelecehan seksual dibagi menjadi lima:

1. Pelecehan gender Pernyataan dan perilaku seksis yang menghina dan merendahkan gender tertentu. Kayak misalnya bercandaan yang tidak senonoh, mengomentari bagian tubuh yang bersifat merendahkan, humor cabul, godaan genit yang dilontarkan, apalagi kepada orang asing yang tidak dikenalnya.

2. Perilaku menggoda Perilaku seksual yang menyinggung dan korban tidak menginginkannya. Kayak misalnya stalker yang menguntit, memaksa seseorang untuk berkencan, dan lain-lain.

3. Penyuapan seksual Secara halus maupun terang-terangan meminta melakukan aktivitas seksual atau hal yang berkaitan dengan seks.

4. Pemaksaan seksual Pemaksaan perilaku seksual ataupun segala hal yang terkait dengan seks dengan ancaman hukuman. Kayak misalnya ancaman pembunuhan, dan lain-lain.

5. Pelanggaran seksual Pelanggaran seksual berat seperti menyentuh, merasakan atau meraih secara paksa, dan bahkan penyerangan seksual. Kayak misalnya pemerkosaan.

Jadi, pelecehan seksual ini harus banget kita lawan guys, biar para pelakunya sadar bahwa apa yang diperbuatnya itu mengganggu dan merugikan orang lain. Bukan cuma pemerkosaan, catcalling yang sering terjadi di jalanan itu juga termasuk pelecehan seksual. Becandaan temen kamu yang tidak senonoh itu juga pelecehan seksual dan harus dihentikan ya. Jadi, kita harus saling tolong nih jika ada korban pelecehan seksual yang meminta bantuan kita. Karena walaupun kamu merasa itu cuma hal sepele, misalnya chat iseng dari orang asing, tapi kita gak tau dampak yang dialami korban. Dengan mendukung korban pelecehan seksual, harapannya agar memberi efek jera pada pelaku dan juga membuat korban lain berani melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE