Kembalikan Skill Lama yang Sempat Menguap, Yuk! | Breaktime
Kembalikan Skill Lama yang Sempat Menguap, Yuk!
14.01.2016
“Excellence is not a skill, it’s an attitude.”—Ralph Marston

Setiap orang memang terlahir dengan bakat dan kemampuan tertentu. Bahkan ada orang yang tanpa berlatih susah payah pun mampu membuat sebuah karya masterpiece mengagumkan. Namun, bagaimana bila skill B’timers yang dulu seolah take it for granted tersebut tiba-tiba menguap seketika?

Di sinilah Anda akan terserang galau dan mulai mempertanyakan kecerdasan diri sendiri. Adakah cara untuk mengembalikan skill yang menguap tersebut? Berikut Breaktime bagikan tipsnya:

Mengingat keterampilan lama

Pertama, coba ingat kembali keterampilan apa saja yang dulu pernah B’timers kuasai dengan baik. Sebagai contoh, bila dulu Anda sangat mahir dalam menyelesaikan berbagai rumus persamaan matematika, coding, atau bahkan menggambar, cobalah untuk tertarik kembali memasuki dunia tersebut.

Banyak membaca

Setelah lama meninggalkan keterampilan tertentu, sangat wajar bila Anda sudah melupakan banyak hal. Bahkan, sekalipun B’timers berhasil mengingatnya, belum tentu juga hal tersebut relevan di zaman sekarang, bukan? Itulah mengapa Anda tak boleh melepaskan diri dari membaca. Terlebih bila skill tersebut adalah menulis. Tentunya Anda butuh berbagai ide baru yang fresh dan kekinian untuk membuat passion kembali muncul.

Kembalikan Skill Lama yang Sempat Menguap, Yuk! | Breaktime
Tonton sejumlah video YouTube terkait keterampilan Anda

Tonton video Youtube

Cara paling praktis berikutnya adalah dengan melihat orang lain melakukannya. Yap, Anda bisa browsing sejumlah video dan melihat berbagai teknik yang digunakan. Dari situlah B’timers bisa terinspirasi dan kembali mengingat teknik Anda sendiri untuk digabungkan.

Berguru dengan sang ahli

Mendapatkan motivasi dengan orang yang lebih menguasai bidang tertentu juga sangat penting dilakukan. Sebab, mereka yang paling tahu persis ide dan teknik seperti apa that’s working on you. Para pakar ini tak akan banyak berteori panjang lebar tapi lebih sigap dalam membagikan informasi praktis yang siginifikan bagi keterampilan Anda.

Bergabung dengan komunitas

Selanjutnya, B’timers juga perlu terus mendapatkan doroangan untuk mengembalikan ketrampilan melalui teman. Bergabunglah dengan teman-teman yang menggeluti dunia sama dan mintalah mereka berbagi update informasi terbaru dan amati cara mereka melakukan keterampilannya. Bahkan, buatlah agenda rutin paling tidak sepekan sekali untuk berkumpul bersama dengan mereka.

Kesimpulannya, skill yang menguap memang bisa dikembalikan dengan berbagai cara sederhana. Namun, lama-tidaknya skill tersebut bisa kembali memang sungguh tergantung pada Anda sendiri. Makin kuat keinginan dan banyak upaya yang dilakukan untuk mengembalikannya, makin cepat pula keterampilan itu kembali. (vsc)

Share This Article