Tips HIlangkan Kebiasaan Buruk | Breaktime
Kebiasaan Buruk Jangan Dimanja, Hilangkan Segera!
30.12.2015

Setiap kebiasaan manusia itu adalah unik, akan tetapi tidak semuanya baik. Kebiasaan terbagi menjadi dua yaitu kebiasaan baik dan buruk. Keduanya mendatangkan efek dan kepuasan tersendiri bagi pelakuknya. Hanya saja, terkadang kebiasaan buruk memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi orang lain.

Terkadang, kebiasaan buruk bisa membuat seseorang diasingkan dan dikucilkan oleh sebuah kelompok. Untuk menghindari dampak dari kebiasaan buruk, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut :

Terapkan Kedisiplinan

Kebiasaan buruk biasanya berwudujud sifat malas, menunda-nunda, tidak tanggung jawab, dan sulit dipercaya. Cobalah untuk menunjukan kedisiplinan pada diri Anda dengan cara memberi hukuman terhadap diri sendiri saat melakukan kebiasaan tersebut. Manfaat lain dari kedisiplinan ini adalah Anda bisa lebih tegas dalam menentukan keputusan.

Berkembanglah, bukan berubah

Sedikit demi sedikit tambahkan pada diri Anda kebiasaan baik seperti menepati janji, kesopanan, dan berpenampilan rapi. Kembangkan kebiasaan baik terlebih dahulu dan perlahan kurangi kebiasaan buruk. Apabila Anda memulai perubahan dengan mengubah diri secara drastis hal tersebut tidak akan berhasil sepenuhnya.

Tips HIlangkan Kebiasaan Buruk | Breaktime
Membuat catatan hal-hal yang positif bisa membantu Anda untuk berkembang

Bangunlah komitmen

Setelah Anda berhasil merubah perlahan karakter Anda terbentuk menjadi lebih baik, cobalah untuk membangun komitmen pada diri sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak kembali menjadi pribadi yang buruk lagi.

Kenali pelemah Anda

Pelemah adalah sesuatu yang dengan mudah membuat Anda kembali mengulang kebiasaan buruk. Biasanya berhubungan dengan sesuatu yang menyenangkan seperti film favorit, gambling, atau kenyamanan kursi malas. Saat Anda mengerjakan sesuatu, hindarkan beberapa pelemah tersebut agar kebiasaan buruk bisa terhindar.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kebiasaan buruk bisa dihilangkan. Yang terpenting dari keempat hal tersebut adalah niat dari dalam diri. Agar hasil yang didapat semakin terlihat nyata, Anda harus mempunyai niat yang besar B'timers. (wsu)

Share This Article