Katakan ini sebagai Dukungan Teman yang Sakit | Breaktime
Katakan ini sebagai Dukungan Teman yang Sakit
09.11.2016

Saat mendapat kabar teman maupun anggota keluarga tiba-tiba sakit parah, tentu merupakan hal yang cukup sulit untuk memberi dukungan. Bahkan kita tidak yakin apa yang harus dikatakan atau dilakukan, B’timers. Namun dibandingkan hanya memberikan hadiah, ternyata kalimat dari orang terdekat adalah yang paling berarti. Nah, ini dia kalimat dukungan untuk kerabat atau teman yang sakit, B’timers!

Katakan ini sebagai Dukungan Teman yang Sakit | Breaktime
Kunjungi mereka sesibuk apapun Anda, B’timers!

Yakinlah bahwa mereka akan baik-baik saja

Jangan mengatakan, “Anda akan baik-baik saja” Ini terdengar sangat basi. Daripada menggunakan kata yang terdengar seperti harapan palsu, akan lebih baik jika melakukan pendekatan dengan kalimat, “Saya sangat menyesal keluarga Anda harus mengalami ini”. Kalimat ini menekankan bahwa Anda peduli.

Anda harus tetap menunjukkan sikap positif

Dan setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menunjukkan bagaimana harus bertindak di depan seseorang yang sedang sakit, B’timers. Menunjukkan empati kepada seseorang yang sedang sakit dapat meningkatkan pikiran positif mereka, lho. So, tunjukkan sikap positif Anda pada mereka, ya, B’timers?

Hindari memberikannya alternatif pengobatan

Meskipun menawarkan alternatif pengobatan lain pada mereka terlihat seperti saran baik untuk orang yang sakit, namun sebenarnya hal ini sangat membuat mereka jengkel, B’timers. Dan sebaiknya hindari keinginan Anda untuk membagi pengalaman pengobatan. Mereka hanya ingin dukungan, bukan saran.

Katakan ini sebagai Dukungan Teman yang Sakit | Breaktime
Berikan kepercayaan pada penanganan yang dilakukan dokter

Jangan mengungkapkan keraguan pada dokter

Bertanya tentang kemampuan dokter atau pengobatan yang sedang mereka jalani justru akan membuat mereka terhina, B’timers. Kata-kata seperti, “Apakah dokter sudah menggunakan pengobatan terbaik untuk Anda?” justru merusak kepercayaan seseorang untuk kembali sembuh, juga kecemasan berlebih.

Tidak perlu menceritakan pengalaman padanya

Anda mungkin ingin bercerita mengenai pengalaman yang dijalani oleh seseorang lain yang menderita penyakit yang sama. Namun kenyataannya pasien dan keluarga mereka sangat tidak perlu mendengar kisah horor dari orang lain, B’timers. Cerita Anda tidak dapat mengubah apapun, justru membuat cemas.

Nah, sebaiknya perhatikan apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan pada teman atau kerabat yang sedang sakit, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE