Jinakkan Rasa Takut Ketinggian Saat Naik Pesawat | Breaktime
Jinakkan Rasa Takut Ketinggian Saat Traveling dengan Pesawat
20.10.2015

Banyak orang yang suka pergi jalan-jalan ke tempat baru dengan cara yang praktis dan singkat. Sayangnya, tak semua orang berani menjadikan pesawat sebagai alat transportasi favorit. Alasannya pun cukup simple, yakni karena takut ketinggian! Nah, apakah hal yang sama juga terjadi pada B’timers? Yuk, kenali tips “menjinakkan” rasa takut ketinggian berikut ini:

Taklukkan takut dengan logika

Martin N. Seif, Ph.D., ABPP seorang psikolog asal New York yang khusus menangani masalah kecemasan dan fobia mengatakan bahwa Anda harus berpikir takut ketinggian adalah hal yang tak masuk akal. Sebab, ada banyak orang yang lalu lalang dengan pesawat dan mereka tetap pulang dalam keadaan baik-baik saja, bukan?

Bawa foto destinasi yang cantik

Menyibukkan diri dengan betapa indahnya tempat yang akan dikunjungi nanti juga bisa jadi pengalih ketakutan yang baik. Bayangkan akan nyamannya kamar hotel Anda atau indahnya berbagai objek wisata nanti dengan mata terpejam. Perlahan-lahan ketegangan Anda akan menurun dan diri jadi lebih rileks.

Peluk bantal kecil

Beberapa orang merasa begitu takut saat landing maupun take off. Biasanya, Anda akan merasakan kebisingan pesawat yang makin bikin perasaan galau dan panik. Solusinya, Anda bisa meredam ketakutan ini dengan memeluk bantal kecil.

Jinakkan Rasa Takut Ketinggian Saat Naik Pesawat | Breaktime
Ngobrol bisa mengurangi rasa takut

Ngobrol dengan teman

Tetap diam padahal Anda tengah tertekan akan membuat rasa takut ketinggian makin buruk. Oleh karena itu, alihkan perhatian dengan mengajak bicara teman di sebelah Anda. Anda bisa mulai mengajaknya berkenalan dan saling bertukar cerita tentang keindahan tempat yang akan dituju atau topik obrolan ringan lainnya.

Nonton film

Menurut seorang psikolog dari Boston University, Todd Farchione, bila nonton TV atau film di rumah adalah rutinitas harian Anda, lakukan pula kegiatan ini saat di pesawat. Sebab, hal ini akan bikin B’timers merasa “akrab” dan nyaman dengan situasi penerbangan.

Lakukan teknik pernapasan

Menyadari bahwa Anda tengah berada pada ketinggian sekian ribu kaki sesaat akan membuat dahi berkeringat dan napas tak teratur. Tegakkan posisi Anda dan arik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Langkah ini bantu untuk menenangkan respon Anda dan membuat tubuh berada dalam posisi serileks mungkin.

Terakhir, jangan lupa untuk banyak berdo’a ya, B’timers! Dengan begitu Anda akan merasa lebih terlindungi dan tak perlu cemas berlebih saat mengintip pemandangan luar dari jendela pesawat.

Share This Article