Kiat Sukses Menghadapi Psikotes agar Tidak Gagal | Breaktime
Jangan Takut Hadapi Psikotes, Breaktime Punya Kiatnya!
03.08.2015

Setelah lulus sekolah, ternyata masih ada ujian yang ditakuti sebagian besar orang. Ya, apalagi kalau bukan psikotes? Ujian satu ini biasa dilakukan saat proses penerimaan pegawai dan hasilnya sangat berpengaruh terhadap karier Anda. Daripada menghabiskan waktu dengan rasa cemas dan takut, coba lakukan kiat dari Breaktime untuk menghadapi psikotes berikut ini:

1. Latihan

Berlatih membantu Anda terbiasa dengan situasi berat saat ujian
Berlatih membantu Anda terbiasa dengan situasi berat saat ujian

Persiapkan diri Anda jauh-jauh hari sebelum tes diadakan. Banyak situs yang menawarkan soal-soal psikotes hitungan maupun tes kode ingatan. Untuk tes menggambar, sangat dibutuhkan latihan yang rutin karena hal ini tidaklah mudah dan butuh kesabaran

2. Jaga stamina

Istirahat yang cukup membantu tubuh Anda tetap fit
Istirahat yang cukup membantu tubuh Anda tetap fit

Berlatih setiap hari memang baik, tapi jangan lupakan tubuh Anda yang juga memerlukan istirahat. Jangan karena takut gagal saat psikotes, Anda jadi memaksa tubuh untuk terus berlatih dan melupakan istirahat. Pastikan Anda tidur cukup agar stamina tetap prima sehingga bisa mengikuti ujian dengan kondisi yang sempurna.

3. Jangan panik

Panik bisa merusak segalanya, berusahalah untuk tetap tenang
Panik bisa merusak segalanya, berusahalah untuk tetap tenang

Bapak Psikoanalisis, Sigmund Freud, pernah menuliskan beberapa teori tentang rasa panik, salah satunya dalam penelitian Actual Neurosis di tahun 1894. Freud mengungkapkan, serangan panik akan membuat seseorang berusaha untuk melarikan diri dari keadaan yang tidak diprediksi. Dalam kasus yang parah, rasa panik bahkan bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran. Maka dari itu, tetaplah tenang. Hal ini akan membantu Anda berpikir lebih jernih saat mengerjakan ujian.

4. Berdoa

Berdoa bisa meringankan beban mental
Berdoa bisa meringankan beban mental

Menceritakan semua keluh kesah dan rasa takut kepada Tuhan membantu meringankan beban mental Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih tenang sekaligus lebih imajinatif saat mengerjakan soal ujian psikotes.

Nah B’timers, jangan hanya mengandalkan keberuntungan saat psikotes. Lakukan persiapan matang dan berlatihlah dengan seimbang untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan!

Share This Article