Ternyata Harapan dapat Menjadi Obat Penyembuh Loh! | Breaktime
Jangan Takut Berharap, Sebab Harapan Itu Menyembuhkan
01.07.2015

Setiap manusia pasti pernah merasakan sakit. Entah itu sakit yang dialami tubuh secara fisik, maupun “hati” yang merasa sakit. Well, we are just human being, aren’t we? Namun hebatnya, manusia diciptakan dengan ketahanan yang luar biasa, B’timers! Mungkin kita tak menyadarinya, namun di tengah rasa putus asa dalam hati, selalu saja ada harapan dalam diri.

Ternyata, harapan tak hanya muncul sebagai perwujudan doa seseorang, tapi juga menjadi obat penyembuh yang tak terduga. Mampu mendorong rasa sakit untuk menjauh pergi, seperti inilah harapan beraksi di dalam tubuh manusia:

Menyadarkan identitas diri yang sebenarnya

Dengan penuh harapan, seseorang akan lebih sadar dan banyak terlibat dalam kegiatan sosial untuk membantu sesama. Aktivitas yang melibatkan kita dalam hubungan sosial dengan orang lain membuat hati dan pikiran senang dan merasa lebih lega.

Menjalin keakraban dengan banyak komunitas

Baik itu komunitas formal maupun informal, dengan lebih banyak terjun dan ikut berkecimpung dalam kegiatan sosial, kita takkan merasa sendirian. Mengobrol, saling mengunjungi, serta bertukar cerita dan pengalaman pribadi, akan membuat perasaan lebih baik.

Mendapat kekuatan yang besar dari berharap

Jika kita mampu berharap, kita juga akan mampu merealisasikannya. Dengan harapan, kita jadi bisa aktif melakukan apapun untuk mewujudkan mimpi kita. Kita bisa menata goal masa depan dengan jelas, terus berusaha untuk menjadi lebih baik, bahkan menjaga kesehatan diri.

Harapan dapat berperan mencerahkan kehidupan
Harapan dapat berperan mencerahkan kehidupan

Menguatkan sisi spiritual dalam diri kita

Umumnya, saat terkena musibah atau cobaan, entah kita terserang penyakit atau mungkin kehilangan seseorang yang dicintai, kita jadi lebih “mendekat” kepada-Nya. Dengan harapan yang kuat, sisi spiritual dalam diri kita ikut menguat dan lebih mendekatkan kita dengan Sang Pencipta.

Menjadikan diri kita pribadi yang bijak

Saat diri kita dipenuhi harapan, kita akan sadar bahwa hidup tak hanya menerima, namun juga memberi. Bahkan, kita akan semakin paham bahwa memberi itu lebih baik daripada menerima. Dengan begitu, kita akan menjadi pribadi yang makin kuat, tangguh, bijaksana dan dermawan.

Jika hal-hal tadi sudah kita alami, kita akan sadar betapa besar kekuatan harapan dan pengaruhnya terhadap diri seseorang. Terutama, jika kita sedang berjuang untuk sembuh dari sakit. So, keep your hope strong, B’timers.

Share This Article