Jadi Penduduk Urban Rentan Stres, Hmm, Benarkah? | Breaktime
Jadi Penduduk Urban Rentan Stres, Hmm, Benarkah?
06.12.2016

Menurut Anda lebih nyaman tinggal di mana, B’timers? Sementara sebagian orang lebih memilih untuk tinggal di daerah perkotaan, sebagian yang lainnya justru memilih menetap di pedesaan. Tetapi tahukah Anda otak mereka yang tinggal di kota besar beroperasi secara berbeda jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di desa. Bahkan wanita urban sangat rentan stres, lho. Berikut alasannya, B’timers!

Jadi Penduduk Urban Rentan Stres, Hmm, Benarkah? | Breaktime
Gaya hidup kota besar meningkatkan risiko stres

Orang urban rentan terhadap penyakit mental

Berdasarkan penelitian, tingkat emosi serta kecemasan menjadi terlalu aktif bagi penghuni daerah kota. Ini yang membuat mereka lebih rentan terhadap stres. Hal tersebut menjelaskan tentang adanya risiko peningkatan masalah kesehatan mental yang dialami oleh penduduk daerah perkotaan.

Penelitian orang urban dengan tingginya stres

Telah dibuktikan oleh penelitian terbaru, jika orang yang tinggal di kota memiliki peningkatan risiko dari gangguan kecemasan sebanyak 21 % dan peningkatan sebanyak 39 % dari gangguan mood. Bahkan tak hanya itu, risiko skizofrenia menjadi lebih tinggi pada mereka yang lahir dan dibesarkan di kota.

Jadi Penduduk Urban Rentan Stres, Hmm, Benarkah? | Breaktime
Pilih tinggal di kota atau desa dengan pemandangan ini?

Lebih sehat mana, tinggal di kota ataukah desa?

Di dalam studi terbaru yang dilakukan Profesor Andreas Meyer-Lindenberg dari University of Heidelberg Jerman, dari sebanyak 50 relawan yang tinggal di berbagai lokasi, mulai daerah pedesaan hingga daerah perkotaan, peserta dari kota lebih rentan terhadap meningkatnya kecemasan dan stres.

Stres akan meningkatkan risiko penyakit mental

Gangguan yang dialami oleh penduduk dari kota sangat memungkinkan meningkatkan risiko penyakit mental. Dan diperkirakan pada tahun 2050, hampir 70 % orang akan memilih untuk tinggal di kota. Hal ini demi untuk mendapatkan peningkatan kesejahteraan, sanitasi, gizi dan juga kesehatan.

Padahal justru tekanan dan gaya hidup yang terlalu tinggi di kota menjadi salah satu alasan seseorang terkena penyakit mental. Nah, masih ingin pindah ke kota besar, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE