Jadi Orang Pintar Gosip, Baik atau Buruk Sih? | Breaktime
Jadi Orang Pintar Gosip, Baik atau Buruk Sih?
17.03.2016

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang orang pintar gosip, baik atau buruk. Banyak orang yang bersenang-senang dengan bergosip. Namun, tidak sedikit juga orang yang menilai bahwa menggunjing orang adalah tindakan yang sangat tidak etis, terlebih jika dirinya yang menjadi korban gosip.

Memang ada benarnya, membicarakan orang lain adalah perbuatan yang sama sekali tidak gentleman. Ketika kabar yang dibicarakan belum tentu kebenarannya, itu akan menimbulkan luka yang begitu mendalam bagi si korban gosip.

Namun, tahukah Anda  bahwa dibalik kesan negatif yang melekat, ternyata bergosip memiliki manfaat positif? Bukan kabar burung, B’timers. Para peneliti telah melakukan riset dan menemukan bahwa bergosip memiliki manfaat yang cukup signifikan terhadap fisik dan psikologis. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan dari bergosip? Simak, yuk!

Jadi Orang Pintar Gosip, Baik atau Buruk Sih? | Breaktime
Bergosip juga memiliki manfaat positif

Memperluas cara berpikir

Jika ditanya orang pintar gosip, baik atau buruk sekarang Anda akan bisa menjawab bahwa bergosip juga merupakan hal yang baik. Mengapa? Secara tidak langsung, dengan membicarakan orang lain, kemampuan otak dan cara berpikir Anda akan berkembang. Otak Anda akan berpikir liar demi mencari spekulasi dan kemungkinan terjadi atas apa yang Anda bahas. Tentu saja, itu akan membuat otak Anda lebih terlatih dan menghindari berpikiran sempit.

Media untuk memperbaiki diri

Bergosip memang paling asyik jika membicarakan keburukan orang lain. Namun jangan buru-buru menanggapi dengan negatif pula. Sadar atau tidak, secara tidak langsung dengan membicarakan kelemahan orang lain, itu akan membuat Anda sadar akan diri Anda sendiri. Ketika Anda merasa memiliki kesamaan dengan orang yang Anda gosipkan, setidaknya Anda juga akan tersentil. Jadi, sekalian bisa introspeksi, bukan?

Jadi Orang Pintar Gosip, Baik atau Buruk Sih? | Breaktime
Bisa digunakan sebagai media refleksi diri

Panjang umur

Ini merupakan manfaat yang paling penting dari bergosip. Ya, panjang umur. Kok bisa? Tentu saja. Dengan mengeluarkan apapun yang mengganjal di hati dan pikiran Anda, pikiran Anda akan lebih ringan. Ini berpengaruh juga terhadap tingkat stres yang bisa menimbulkan penyakit. Nah, dengan bergosip, secara tidak langsung Anda terhindar dari penyakit fisik yang berbahaya, bukan?

Jadi, jika Anda ditanya tentang orang pintar gosip, baik atau buruk sekarang Anda bisa menjawabnya. Namun ingat, B’timers. Jangan membicarakan hal-hal yang belum tentu kebenarannya dan menimbulkan fitnah. Jika demikian, tak hanya manfaat baik, hal buruk mungkin saja menimpa Anda. Tetap positif dan bicarakan baiknya saja, siapa tahu Anda bisa termotivasi! (nap)

Share This Article