Jadi Genius Ternyata Mudah dan Bisa Dipelajari | Breaktime
Jadi Genius Ternyata Mudah dan Bisa Dipelajari, Lho!
22.11.2015

Pernahkah B’timers gemas dengan teman yang bawaannya santai tapi selalu memukau Anda dengan pemikirannya? Tak hanya bisa mengagumi, karena B’timers juga bisa jadi tak kalah geniusnya, kok. Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak tips-tips berikut ini:

Jadilah orang kepo

Kegeniusan seringkali berawal dari ketertarikan untuk mengetahui sesuatu. Cari tahu apa yang mampu menarik minat dan bikin Anda menggebu-gebu. Setalah itu, cari tahu informasi apa yang sangat ingin Anda ketahui. Cara ini akan merangsang otak untuk selalu haus akan informasi baru dan menjadikan B’timers kaya informasi.

Berani tampil rumit

Mihaly Csikszentmihalyi, seorang profesor psikologi di Claremont Graduate University mengungkap bahwa yang membedakan orang genius dari lainnya adalah ia berani tampil rumit. Orang genius tak segan untuk merangkul semua paradoks dan kerumitan pemikiran dalam dirinya.

Namun, bukan berarti ia jadi anti sosial dan susah diajak bicara, ya. Justru dengan kerumitannya itulah ia mampu diajak bicara dengan topik berganti-ganti. Dari topik pembicaraan santai sampai ke topik ekstrim tanpa hilang arah sama sekali.

Tidur yang cukup

Yap, orang genius memang sering sekali menghabiskan waktu luangnya untuk tidur. Sebab, aktivitas ini memang bantu sel saraf jadi lebih rileks dan mampu konsentrasi secara penuh di waktu-waktu tertentu. Paling tidak, upayakan untuk rutin tidur siang agar ide-ide segar bisa lebih bermunculan.

Jadi Genius Ternyata Mudah dan Bisa Dipelajari | Breaktime
Orang genius selalu haus akan ilmu baru

Lihat dunia dari dua kacamata

Orang genius juga terlatih untuk melihat ide dari sudut pandang tokoh-tokoh besar. Meski begitu, mereka tak lantas merasa sombong dan mencukupkan diri untuk belajar. Mengadopsi pemikiran cerdas juga perlu diimbangi dengan rasa haus akan ilmu. Mereka menempatkan dirinya sebagai anak kecil yang tetap tak tahu apa-apa dan terus aktif belajar.

Menikmati apa yang dilakukan

Orang genius juga punya ritme kerja yang unik. Meski kadang mereka terlihat gengges dalam pekerjaan, dibalik itu semua mereka sangat serius dengan apa yang dilakukan, lho. Wajah santai dan humor segar tidak memalingkan mereka dari prinsip disiplin.

Punya waktu sosialisasi seimbang

Tahu kapan waktu untuk bersosialisasi sekaligus menikmati me-time di rumah juga jadi kunci hidup orang genius. Mereka berhasil menemukan banyak hal baru lalu melakukan perenungan tersendiri dengan pengalaman tersebut. Momen inilah yang juga mengasah EQ orang genius jadi lebih baik.

Bagaimana? Apakah B’timers juga tertarik untuk menjadi orang genius? (vsc)

Share This Article