Istri Hasilkan Uang Lebih, Ini Efeknya pada Pria | Breaktime
Istri Hasilkan Uang Lebih, Ini Efeknya pada Pria
03.12.2017

Fenomena rumah tangga di mana suami istri sama-sama bekerja sudah jadi hal yang biasa. Apalagi bagi kalangan milenial sekarang. Di mana, tuntutan kebutuhan juga semakin banyak. Apa B’timers juga termasuk yang berumah tangga dengan kondisi pasangan sama-sama bekerja? Karena, rupanya perbedaan penghasilan antara suami dan istri juga bisa mempengaruhi kesehatan.

Kalau suami lebih besar penghasilannya, itu memang wajar. Tapi, kalau istri yang menghasilkan uang lebih banyak, maka itu bisa mempengaruhi kesehatan sang suami. Setidaknya, hal itu berdasarkan sebuah penelitian dari Rutgers University. Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Posisi Tidur yang Baik bagi Payudara Sehat

Jadi, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aging and Health, para peneliti menganalisis data kesehatan dan pendapatan dari 1.000 pasangan yang telah menikah selama minimal 30 tahun pada tahun 1992. Ditemukan hasil penelitian yang cukup mengejutkan.

Jika wanita menjadi pencari nafkah utama dalam hubungan mereka waktu di awal-awal, yakni saat pria berusia 20-an dan 30-an, dan itu terus berlanjut sampai kemudian hari, maka suaminya menghadapi risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung, perut kembung, bahkan penyakit paru-paru kronis, dibandingkan pria yang secara konsisten menghasilkan uang lebih banyak.

Istri Hasilkan Uang Lebih, Ini Efeknya pada Pria | Breaktime
Mengikuti zaman, orang tua sekarang dituntut untuk sama-sama bekerja

Orang paling banyak mengalami transisi ini pada usia 50-an dan 60-an. Mereka juga mengalami sedikit peningkatan risiko tekanan darah tinggi serta cenderung lebih gampang berubah mood. Ternyata sebabnya adalah ego pria.

Karena, menurut penelitian, kehilangan perasaan dominasi atau pengaruh sosial pada pria sebagai pencari nafkah, sebenarnya ini bisa melemahkan sistem kardiovaskular pria. Bisa jadi, kata para peneliti, itu juga karena tekanan yang ditimbulkan memberi pengaruh pada tubuh pria.

Apalagi, sejumlah orang bisa merasa terancam dan mencoba mengalihkannya pada kebiasaan yang membuat mereka terkesan tangguh atau bahkan kasar. Misalnya seperti merokok, minum minuman keras, makan apapun sembarangan, lalu tidak mau pergi periksa ke dokter kalau sakit. Di mana, tentu saja ini justru semakin membahayakan kesehatan mereka.

Namun, hasil dari penelitian tersebut juga tidaklah mutlak hasilnya. Berbeda dengan hasil penelitian baru-baru ini dari American Sociological Association. Menurut penelitian itu, pria yang menghasilkan lebih banyak uang daripada istrinya sebenarnya mengalami kesehatan fisik dan mental yang bisa dikatakan buruk. Sesungguhnya, sejumlah pria malah merasa lebih lega kalau istrinya juga bekerja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berhenti Buat To-Do List & Lakukan Hal Ini

Dalam artian, istrinya juga bisa ikut membantu secara finansial, sehingga hal ini turut mengurangi stres yang bisa merugikan kesehatan si pria. Jadi, sebenarnya, bagaimana semua ini bisa terjadi? Begini, sudah merupakan hal yang umum kalau uang menjadi kebutuhan dalam sebuah hubungan. Pria yang punya pasangan wanita bekerja, maka mereka merasa terbantu secara finansial.

Istri Hasilkan Uang Lebih, Ini Efeknya pada Pria | Breaktime
Suami juga senang bisa saling membantu secara finansial dengan istri

Namun, hal ini juga bisa berimbas pada pandangan pria terhadap kariernya. Misalnya, empat dari sepuluh orang dewasa merasa kalau pekerjaan mereka berdampak negatif terhadap kesehatan. Beberapa alasannya karena pekerjaan itu berbahaya, gajinya kurang, atau jam kerjanya melebihi batas normal. Ini menurut jajak pendapat terbaru di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Kalau Anda tidak suka dengan pekerjaan Anda, pikiran ini bisa membuat Anda merasa stres. Bahkan kita tahu di mana-mana, tidak sedikit kasus bunuh diri yang terjadi karena masalah pengangguran. Menurut penelitian yang diterbitkan di Lancet, diberhentikan dari pekerjaan juga bisa membuat seseorang mengalami depresi berat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Kekhawatiran Bisa Bermanfaat, Percaya?

Jadi, jika Anda sedang berjibaku dengan karier Anda, entah baru saja kehilangan pekerjaan, atau penghasilan lebih kecil dari penghasilan istri, atau bos Anda ngamuk terus kerjanya dan bikin stres, maka ini semua juga sangat bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Yang penting B’timers, kalau Anda sebagai suami, tetaplah saling memberikan support terbaik yang penuh cinta dengan sang istri.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE