Intip Alasan Wanita Mandiri Tidak Ingin Menikah | Breaktime
Intip Alasan Wanita Mandiri Tidak Ingin Menikah
13.01.2017

. . . atau tidak terlalu memikirkan tentang pernikahan. B’Timers, bagi Anda yang berusia sekitar 25 tahun ke atas tentu Anda sering mendengar komentar orang-orang yang menanyakan mengenai kapan Anda akan menikah semakin terdengar. Anda pun semakin sering menerima undangan dari teman-teman Anda yang satu-persatu menaiki tangga pelaminan. Well, dan melihat hal tersebut membuat Anda bertanya-tanya mengenai kapan giliran Anda.

Akan tetapi, kemudian Anda melihat bahwa ada teman-teman Anda yang nampaknya tidak tertarik dengan topik pernikahan. Bahkan mungkin Anda pernah bertanya sesekali kepada mereka, dan jawaban mereka pun tergolong sangat datar dan seadanya, atau mungkin ia secara jelas menyatakan bahwa ia tidak tertarik untuk menikah. Tidak ada yang salah dari dirinya. Ia cantik, cerdas dan berpendidikan tinggi, memiliki hubungan sosial yang baik dengan sekitarnya, dan memiliki kondisi finansial yang sangat baik. Dan menurut Anda, satu-satunya hal yang kurang dalam hidupnya hanyalah pernikahan. Nah, kira-kira hal apakah yang membuatnya tidak ingin naik ke panggung pelaminan seperti wanita-wanita lain pada umumnya?

Percaya atau tidak, seiring dengan perkembangan teknologi dan akses yang semakin bebas terhadap berbagai macam informasi dan pengetahuan, angka pernikahan pun semakin menurun dan bahkan semakin banyak wanita yang mendeklarasikan diri bahwa ia tidak ingin menikah. Ide mengenai pernikahan, walaupun terdengar sangat indah dan dianut oleh masyarakat selama berabad-abad nampaknya tidak lagi berlaku bagi wanita-wanita tersebut.

Salah satu faktor yang paling populer dikemukakan oleh wanita yang tidak ingin menikah adalah mereka ingin berfokus pada karier mereka. Untuk membangun sebuah karier cemerlang, Anda perlu untuk memprioritaskan Anda dan pekerjaan Anda dan tentunya hal tersebut akan mengkonsumsi sebagian waktu Anda. 

Intip Alasan Wanita Mandiri Tidak Ingin Menikah | Breaktime
Tidak semua orang ingin menikah.

Dan ketika Anda memasuki dunia pernikahan, Anda terpaksa harus mengubah prioritas Anda ke rumah tangga yang sedang Anda bangun bersama pasangan Anda. Prioritas hidup Anda bukan lagi berpusat pada Anda dan pekerjaan Anda, melainkan pada kehidupan orang lain. Dan bagi ladies yang sedang membangun karier, hal tersebut adalah pengorbanan besar yang tidak dapat mereka relakan.

Faktor lain yang menyebabkan beberapa wanita merasa enggan untuk menikah adalah karena mereka sangat mencintai kebebasan, baik kebebasan secara finansial maupun kebebasan untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Terutama di Indonesia, dimana banyak pasangan pria menginginkan calon istrinya untuk keluar dari pekerjaan dan mengurus rumah dan anak-anak di rumah tangga dan menggantungkan kebutuhan finansial pada suami mereka.

Don’t get us wrong, ibu rumah tangga adalah sebuah profesi yang mulia, akan tetapi bagi wanita yang mandiri, terutama bagi wanita yang telah terbiasa dan menikmati hasil dari jerih payahnya sendiri hal tersebut bisa jadi sangat menyiksa. Dengan menjamin kebutuhan finansial Anda sendiri akan memberikan sense-of-power, Anda benar-benar mengetahui bahwa Anda dapat memegang kontrol akan hidup Anda. Dan ketika hal tersebut diambil dari Anda, Anda secara otomatis akan merasa lebih rentan.

Dan kalaupun hal-hal di atas tidak mencerminkan apa yang dipikirkan oleh teman Anda maka bisa jadi teman Anda tidak ingin menikah karena, well, karena mereka tidak ingin. Mereka memiliki pola pikir yang berbeda dan lepas dari paradigma masyarakat dan mereka merasa bahwa mereka tidak perlu untuk “fit in the box” atau menuruti ekspektasi dari masyarakat.  (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE