Interview via Skype yang Tak Kalah Menantang | Breaktime
Interview via Skype yang Tak Kalah Menantang
24.09.2017

Signifikansi penggunaan Internet di dunia kerja saat ini sudah tak terelakkan lagi, mulai dari sarana mencari informasi hingga media untuk berkomunikasi. Tak hanya digunakan untuk berinteraksi dalam ranah personal, Skype juga mulai banyak digunakan sebagai sarana komunikasi di ranah profesional. Salah satu hal yang mulai banyak dilakukan oleh para perusahaan ialah tren melakukan wawancara kerja melalui Skype. Semakin sering dilakukannya wawancara kerja melalui berbagai media telekonferensi audio-visual seperti LiveMessenger, GotoMeeting, WebEx, hingga Skype yang paling terkenal dan banyak digemari membuktikan bahwa wawancara kerja secara online kini sudah menjadi norma baru dalam dunia kerja. Lalu adakah perbedaan besar dari wawancara via Skype dengan interview secara langsung seperti biasanya?

Sekilas, wawancara kerja melalui Skype mungkin nampak tak terlalu menegangkan dibandingkan dengan yang dilakukan secara langsung. Tak hanya itu, job interview melalui Skype juga memiliki banyak manfaat seperti menghemat biaya untuk bepergian dari tempat asal menuju lokasi perusahaan untuk menghadiri wawancara kerja. Selain memangkas biaya perjalanan, job interview melalui Skype juga sangat menghemat waktu yang normalnya dilakukan untuk menempuh perjalanan ke lokasi wawancara. Belum lagi menilik manfaat terhadap konservasi alam karena Anda tak mempengaruhi jejak karbon. Meski terdengar aneh, nyatanya hal-hal tersebut mendorong banyak perusahaan untuk mewujudkan wawancara kerja melalui Skype.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Heboh Obat PCC yang Berbahaya bagi Syaraf Otak

Jangan meremehkan proses berlangsungnya wawancara via Skype serta jangan ragu menunjukkan kepercayaan diri sekaligus kompetensi B’times. Banyak pemula yang pertama kali melakukan wawancara melalui Skype tak berhasil menggolkan posisi karir yang diinginkan di perusahaan yang mereka lamar karena cenderung diremehkan tak dipersiapkan dengan matang seperti halnya wawancara kerja biasa secara bertatap muka. Lakukan riset terlebih dahulu mengenani perusahaan yang hendak Anda masuki. Sesuaikan diri Anda dan gaya berkerja Anda dengan iklim kerja dan atmosfer di perusahaan tersebut yang telah Anda temukan melalui internet research. Dengan mengetahui detail mengenai perusahaan tujuan, B’timers dapat menyesuaikannya dengan riwayat pekerjaan maupun pendidikan Anda. 

Interview via Skype yang Tak Kalah Menantang | Breaktime
Perangkat teknologi yang Anda gunakan memegang peranan penting saat wawancara via Skype

Tak hanya informasi mendalam mengenai perusahaan yang akan mewawancarai Anda nantinya serta persiapan berkas pribadi, B’timers juga harus menyiapkan perlengkapan apa saja yang Anda butuhkan sebelum melakukan wawancara. Tak seperti job interview yang dilakukan secara langsung di kantor perusahaan tersebut, wawancara online membutuhkan aneka peralatan yang jelas harus Anda persiapkan sendiri. Karena wawancara Skype dilakukan secara online, Anda harus memastikan apakah koneksi Internet Anda cukup lancar untuk menjalankan aplikasi Skype yang terhitung cukup berat dan memakan kuota Internet dalam jumlah besar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nonton Film Horor bisa Bikin Sehat, Benarkah?

B’timers tak memiliki wifi sendiri di rumah dan hanya mengandalkan smartphone? Anda bisa saja melakukan wawancara di warnet (warung Internet) maupun berbagai kafe yang menyediakan fasilitas wifi. Yang terpenting, pastikan sambungan Internet Anda cukup lancar selama proses wawancara berlangsung. Selain Internet, pastikan juga kualitas audiovisual dalam perangkat yang Anda gunakan cukup memadai untuk melakukan wawancara. Tentunya akan percuma apabila Anda bisa melihat interviewer dengan jelas namun kualitas gambar Anda yang terkirim tidaklah cukup sempurna? Selain kualitas kamera, pencahayaan ruangan tempat Anda melakukan wawancara juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan juga bahwa earphone atau headphone yang Anda gunakan dalam kondisi prima dan bisa mengirimkan dan menerima suara dengan baik.

Usai memastikan kondisi perangkat teknologi yang akan digunakan, kini saatnya memfokuskan perhatian pada penampilan Anda. Tak bertatap muka secara langsung dengan pewawancara bukan berarti Anda tak perlu mengenakan busana resmi seperti halnya ketika datang langsung ke perusahaan tersebut. Selain dresscode, B’timers juga harus mengasah bahasa tubuh dan ekspresi muka yang bermakna positif. Pelajari mengenai bahasa tubuh seperti apakah yang diharapkan dalam wawancara, serta sejauh apakah yang bisa tertangkap kamera karena pewawancara tak bisa menilai gerak tubuh Anda secara menyeluruh melalui Skype.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini yang Dilakukan Orang Sukses di Akhir Pekan

Tips menarik yang dapat membantu Anda agar tak nervous saat melakukan panggilan Skype dengan pewawancara ialah menirukan ritme nafas dan intonasi pewawancara serta menuangkannya ke dalam gaya bicara Anda. Selain membantu Anda untuk lebih tersinkronasi satu sama lain, B’timers dijamin akan lebih mudah rileks dengan teknik yang satu ini. Tak lupa, pastikan untuk tetap mempertahankan kontak mata serta selalu tersenyum dan mengeluarkan emosi positif sepanjang proses wawancara.

Selain media yang digunakan, sebenarnya job interview via Skype membutuhkan persiapan matang seperti halnya wawancara kerja langsung. Semoga B’timers bisa melalui proses wawancara kerja dengan lancar dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE