Trik Sukses Mengetahui Orang Berbohong atau Tidak | Breaktime
Inilah Trik Ajaib untuk Mendeteksi Orang Berbohong!
15.07.2015
“I’m not upset that you lied to me, I’m upset that now I can’t believe you.” – Friedrich Nietzsche

Pernah merasakan dibohongi? Well, sebenarnya ada lho, cara untuk mengetahui apakah seseorang berkata bohong atau tidak! Demikian hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Leanne ten Brinke, seorang psikolog forensik di University of California, Berkeley. Ia mengatakan, pada dasarnya setiap orang sudah punya insting yang kuat untuk mendeteksi pembohong, namun kadang pikiran kitalah yang bingung dan membuat kita gagal.

Nah, Dr. Lillian Glass, seorang analis perilaku dan bahasa tubuh blak-blakan soal cara mengetahui kebohongan seseorang lewat bukunya yang berjudul The Body Language of Liars. Anda bisa tahu apakah seseorang sedang berbohong lewat ekspresi wajah, gerak-gerik tubuh dan nada bicaranya! Breaktime bocorkan rahasianya untuk Anda, nih.

Mereka mengubah posisi kepala dengan cepat

Jika saat tengah berbincang tiba-tiba lawan bicara Anda menggerakkan dan mengubah posisi kepalanya, bisa jadi ia sedang berbohong. Mungkin saja ia menarik, menundukkan, atau mengangkat kepalanya.

Ritme napas mereka berubah

Saat seseorang berbohong, ia cenderung akan bernapas beerat. Itu merupakan aksi yang refleks, disebabkan perubahan denyut jantung dan aliran darah.

Mereka berdiri diam dan mematung

Normalnya, tubuh akan ikut “bergerak” saat tengah mengobrol. Jika lawan bicara Anda tiba-tiba berdiri diam dan kaku, mungkin ia merasa gugup karena tengah berbohong.

Mereka mengulang-ulang kata atau kalimat

Ini karena mereka berusaha meyakinkan Anda dan diri mereka sendiri tentang sesuatu. Mereka membuat pikiran mereka sendiri mempercayai kebohongan yang mereka katakan.

Mereka menyentuh atau menutup mulut

Saat berbohong, seseorang biasanya otomatis menggerakkan tangannya untuk menutupi mulut. Saat orang dewasa melakukan ini, itu berarti mereka tak ingin mengungkapkan semuanya.

Gerakan tubuh yang defensif bisa jadi tanda berbohong
Gerakan tubuh yang defensif bisa jadi tanda berbohong

Mereka refleks menutupi bagian tubuh tertentu

Biasanya, bagian-bagian ini adalah tenggorokan, dada atau perut. Orang tersebut berusaha menutupi sesuatu atau tidak bisa mengungkapkan sesuatu.

Mereka menghentak-hentakkan kaki

Ini karena mereka merasa gugup dan tak nyaman. Menggerakkan kaki dengan menghentak-hentakkannya pelan juga berarti mereka ingin segera mengakhiri percakapan.

Tiba-tiba mereka sulit berbicara

Karena gugup, biasanya orang yang berbohong akan terbata-bata atau sulit berbicara. Tanda lainnya adalah menggigit bibir atau bibir mengerucut.

Nah, kini B’timers bisa beraksi layaknya seorang agen rahasia yang lihai membaca gelagat berbohong seseorang. Good luck!

Share This Article