Inilah Mengapa Ibu Rumah Tangga Tangguh! | Breaktime
Inilah Mengapa Ibu Rumah Tangga Tangguh!
18.01.2017

B’Timers, apakah Anda memiliki pasangan, atau memiliki teman yang rela meninggalkan pekerjaan mereka demi menjadi ibu rumah tangga? Keputusan untuk menjadi ibu rumah tangga walaupun sebenarnya sangat lazim dilakukan, tidak jarang hal tersebut membuat beberapa orang mengerutkan kening. Dan rasanya bukan hal yang baru jika ibu rumah tangga masih dinilai “sebelah mata” dan tidak jarang hal tersebut memicu pertengkaran di dalam rumah tangga dimana sang suami mengganggap sang pasangan tidak dituntut untuk melakukan pekerjaan yang sama beratnya dengan yang dilalui oleh suami di tempat kerja.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata pekerjaan ibu rumah tangga sama beratnya dengan pekerjaan kantor yang Anda lakukan? Ya, mungkin pasangan Anda tidak harus berdesak-desakan dengan penumpang lain saat Anda memasuki kendaraan umum, atau pasangan Anda tidak perlu merasakan frustrasi saat terjebak di tengah-tengah kemacetan lalu lintas, akan tetapi bukan berarti pasangan Anda tidak melakukan apapun. Pasangan Anda bangun jauh lebih pagi dari Anda untuk memasak sarapan dan membangunkan Anda dan anak-anak Anda.

Kemudian saat Anda dan anak-anak Anda mandi, pasangan Anda akan bergegas menyetrika pakaian yang akan Anda kenakan sehingga Anda dapat tampil dengan rapi dan wangi di hadapan para kolega kerja. Dan jika anak-anak Anda telah menduduki bangku sekolah, maka pasangan Anda juga harus mempersiapkan seragam sekolahnya sekaligus mempersiapkan bekal bagi Anda dan anak-anak Anda.

Dan tentu saja, hal tersebut tidak berhenti di situ saja. Jika Anda memiliki lebih dari satu anak dan mereka masih berusia balita, maka sang pasangan harus dapat membagi waktunya antara membersihkan rumah dan menemani si kecil. Dan anak kecil adalah manusia mungil yang menuntut banyak perhatian dan tidak jarang tingkahnya membuat rumah menjadi berantakan kembali. Tidak jarang, sebelum pasangan Anda dapat membersihkan rumah, ia juga perlu memastikan bahwa anak Anda tidak menelan sesuatu yang berbahaya (terutama jika ia sedang berada pada usia dimana tangannya sangat aktif menjangkau berbagai macam barang).

Inilah Mengapa Ibu Rumah Tangga Tangguh! | Breaktime
Ibu rumah tangga pun memiliki tantangannya tersendiri.

Perjuangan ibu rumah tangga tentu tidak selesai di situ saja, karena setelah ia memastikan bahwa sang anak telah tertidur dengan lelap di kamar, sang ibu harus membersihkan rumah sebersih mungkin, sehingga Anda tidak terkena serangan jantung melihat keadaan rumah yang sangat berantakan. Dan ketika sore hari tiba, sang ibu rumah tangga akan (berusaha) memandikan anak dengan kapasitas energi yang mungkin hampir mencapai batas minimal.

Dan tentu saja, tugas ibu rumah tangga juga termasuk menjadi mentor bagi anak Anda saat mereka sedang mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh sekolah. Ibu rumah tangga jugalah yang mengajak anak-anak Anda tidur sambil membacakan cerita walaupun dalam keadaan terkantuk-kantuk hingga anak-anak Anda terlelap tepat saat Anda tiba dari kantor.

Itulah mengapa ibu rumah tangga bukanlah sebuah profesi yang dapat dianggap remeh. Pekerjaan dari ibu rumah tangga mencakup manajemen rumah, dimana ia memastikan bahwa seluruh penghuni rumah mendapatkan apa yang dibutuhkan. Tidak mengherankan jika di luar negeri, yaitu di negara Jepang, pemerintah menaruh hormat yang sangat besar kepada ibu rumah tangga, atau yang juga disebut dengan kyouiku mama.  Bagi pemerintah Jepang, para ibu rumah tangga yang pada umumnya rela mengorbankan gelar sarjana dan profesinya untuk tinggal mengasuh anak di rumah merupakan salah satu faktor penentu kebangkitan Jepang pasca hilangnya kota Hiroshima dan Nagasaki.

Kesimpulannya? Menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang santai dan mudah dilakukan. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat. Bahwa walaupun peran dan tuntutan Anda dan pasangan berbeda, baik working dad maupun stay-at-home mom sama-sama berjasa dalam memastikan roda rumah tangga berjalan dengan semestinya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE