Inilah Mengapa Harus Rekreasi di Alam Terbuka | Breaktime
Inilah Mengapa Anda Harus Rekreasi di Alam Terbuka
23.02.2016

Rekreasi atau refreshing adalah salah satu bentuk penyegaran diri yang bisa memperbaiki kondisi mental seseorang. Setiap orang memiliki tujuan dan tempat rekreasi yang berbeda-beda dalam hal menghilangkan stres. Salah satu destinasi yang sering dituju adalah tempat yang berhubungan dengan alam seperti gunung, pantai, atau air terjun.

Tempat-tempat tersebut menjadi destinasi banyak orang karena beberapa alasan seperti tempatnya yang masih asri atau pemandangannya jarang dilihat di kota. Tapi tahukah Anda, ternyata mengunjungi tempat yang berbau alam bisa mendatangkan efek positif untuk tubuh seperti :

1. Alam bisa membuat Anda tenang

Manfaat yang satu ini mungkin tidak begitu nampak, tapi tahukah Anda aroma dari rumput di pagi hari, wanginya bunga yang sedang mekar dan sinar matahari hangat ketika terbit ternyata bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih tenang. Hal ini disebabkan karena semua indra dalam keadaan santai ketika menyentuh atau merasakan sesuatu yang membuatnya nyaman.

2. Alam ternyata membuat kekebalan tubuh meningkat

Seperti yang sudah dibahas di atas, semakin tubuh Anda rileks semakin jauh Anda dari stres. Saat Anda tidak mengalami stres maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melakukan perbaikan terhadap kondisi tubuh seseorang. Selain itu, dengan menurunnya tingkat stres seseorang maka tekanan darah juga menjadi lebih stabil.

Inilah Mengapa Harus Rekreasi di Alam Terbuka | Breaktime
Jalan-jalan di alam terbuka bisa membuat Anda lebih sehat

3.  Alam membuat Anda merasa diremajakan kembali

Dengan serentetan manfaat diatas, Anda juga secara tidak langsung akan merasa menjadi seperti muda lagi. Bagaimana tidak? Anda terhindar dari stres, tubuh menjadi semakin sehat, dan tekanan darah menjadi normal pasti akan membuat Anda serasa lebih muda lagi kan. Maka dari itulah mengapa seseorang yang tinggal di dekat hutan usianya lebih panjang dan tubuhnya terlihat lebih muda.

4. Alam mengajarkan Anda makna kehidupan

Melihat perputaran waktu dari siang menuju malam, hewan yang beruburu, induk yang sedang menjaga anaknya, dan semut-semut yang bekerja sama dalam kegiatan sehari-harinya secara tidak langsung membuat Anda mengerti bahwa sebenarnya dalam kehidupan bisa berjalan dengan mudah apabila Anda bisa lebih tenang. Ajaib bukan?

Bagaimana B'timers? manfaat-manfaat diatas menarik untuk dibaca bukan? Ya, memang benar itulah yang dirasakan seseorang ketika sedang melakukan perjalanan di alam terbuka. Bagi Anda yang mengalami bad day atau sedang stres, bisa mencoba untuk rekreasi ke tempat-tempat hijau seperti gunung dan hutan. Selamat mencoba. (wsu)

Share This Article