Inilah Alasan Mengapa Kenapa Kita Menangis! | Breaktime
Inilah Alasan yang Sebenarnya Kenapa Kita Menangis!
23.11.2015

Siapa orang yang tidak pernah menangis seumur hidupnya? Sepertinya tidak ada. Menangis adalah hal yang sangat wajar terjadi karena berbagai alasan, baik itu pria ataupun wanita. Namun, sebenarnya kenapa kita menangis? Banyak orang menjawab karena bahagia yang amat sangat ataupun juga karena kesedihan. Tapi jawaban tersebut terlalu sederhana.

Berdasarkan pada Stephen Sideroff, PhD, seorang staff psychologist di Santa Monica, University of California Los Angeles dan Orthopaedic Hospital, menangis adalah emosi natural yang merupakan respon mengenari berbagai hal yang dirasakan, namun biasanya dikarenakan kesedihan dan terluka.

Inilah Alasan Mengapa Kenapa Kita Menangis! | Breaktime
Ternyata, banyak sekali alasan kenapa seseorang itu menangis

Tambahnya lagi, tangis juga bisa dikarenakan seorang menaggapi keindahan yang amat sangat yang membuat dirinya meleleh dan menumpahkannya dengen air mata. Tidak hanya itu saja, Jodi DeLuca, PhD, yang merupakanseorang neuropsychologist di Tampa General Hospital di Florida menyatakan, tangis adalah suatu survival mechanism atau sistem pertahanan hidup. Ketika menangis, tubuh seakan ingin mengatakan sesuatu dan bersia-siap untuk menghadapinya. Selain itu, menangis juga bisa disebabkan oleh rasa  frustasi, kelelahan, kewalahan atau juga sekedar ingin mendapatlkan perhatian dari orang lain yang ini semua disebut dengan secondary gain cry.

Lauren Bylsma, seorang mahasiwa PhD di Univerity of South Florida di Tampa, menangis ternyata memiliki tujuan biokima, yaitu diyakini bisa melepaskan hormone stress dan racun di dalam tubuh. Selain itu, ternyata menangis juga bisa disebabkan oleh fungsi sosial. Dengan menangis, Anda sering kali akan memenangkan dukungan dari orang-orang terdekat. Maka dari itu tidak jarang, menangis digunakan untuk tindakan manipulatif.

Ternyata penyebab menangis banyak juga, tidak sekedar merasa sedih ataupun tersakiti saja. Lalu bagaimana dengan tangis Anda?

Share This Article