Yang Harus Dilakukan Jika Jadi Korban Bullying! | Breaktime
Ini yang Harus Dilakukan Jika Anda Jadi Korban Bullying
25.01.2016

Belakangan ini pem-bully­­-an sering terjadi baik di media sosial (cyber bullying) maupun di dunia nyata. Intimidasi secara langsung ini juga sering sekali terjadi di sekolah-sekolah. Bahkan, di luar negeri sudah tak terhitung jumlah korban bullying yang memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Hal mengerikan seperti itu sebenarnya  tak perlu terjadi. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa menghindarkan Anda dari penindasan tersebut tanpa mengatasinya dengan cara pintas yang justru merugikan. Inilah yang harus Anda lakukan jika Anda menjadi korban intimidasi.

  • Lakukan pertahan diri (self-defense)

Jika mereka yang mengintimidasi Anda mulai mendekat, cobalah untuk berjalan menjauh darinya. Anggap saja bahwa B’timers hanya sedang menghindari teman. Pikirkan hal-hal yang lebih penting yang bisa mengalihkan perhatian diri dari mereka. Intinya, ciptakan dinding yang bisa melindungi diri sendiri dari si tukang intimidasi.

Yang Harus Dilakukan Jika Jadi Korban Bullying! | Breaktime
Tunjukkan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan sama sekali tak berguna

Cara lain yang bisa membuat Anda terlepas dari penindasan adalah dengan menganggap tindakan mereka sebagai lelucon. Anda juga bisa memberikan serangan balik namun bukan dengan kekerasan. Tampak bersenang-senang dengan tindakan mereka juga akan membuat mereka lelah mengganggu B’timers.

Singkatnya, jangan tunjukkan diri yang lemah di depan mereka. Tetaplah percaya diri dan memegang teguh pikiran positif Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan sama sekali tak berguna dan tidak mempengaruhi hidup Anda. Selain itu, jangan terlalu sering menyendiri dan cobalah untuk berkelompok. Meskipun di-bully, tentu masih ada teman-teman yang peduli dengan Anda, bukan?

Baca Juga: Atasi Bullying di Tempat Kerja

  • Minta bantuan orang lain

Jika pertahanan diri tak langsung bikin aman dari penindasan, mungkin akan lebih mudah jika Anda berbicara dengan seseorang yang dipercaya dan dikenal dengan baik. Pastikan orang ini dapat memberikan dukungan dan saran yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi situasi yang tidak bisa diselesaikan sendirian.

Yang Harus Dilakukan Jika Jadi Korban Bullying! | Breaktime
Berbagilah dengan orang terdekat atau terpercaya

Cobalah untuk membagi penderitaan Anda dengan orang lain. Sebab, akan lebih baik jika B’times berbicara langsung dengan kelompok atau komunitas orang-orang yang mengalami pengalaman serupa. Jika B’timers memutuskan untuk berbicara dengan guru atau konselor, akan lebih nyaman jika datang ke sana bersama satu teman baik yang menguatkan.

Teman tersebut bisa membantu menjelaskan situasi yang B’timers hadapi pada guru atau konselor dari sudut pandangnya. Namun, jika B’timers memang malu mengungkapkannya secara lisan, tuliskan saja semua keluh kesah tersebut via email.

Jika Anda berpikir bahwa orang yang diajak bicara tidak mempercayai Anda, tidak menanggapi dengan serius, atau tidak memberikan solusi yang dicari, jangan menyerah. Cobalah terus menjelaskannya dengan baik hingga Anda mendapat bantuan. Bagaimanapun, intimidasi harus dihentikan.

B’timers, ditindas memang mengerikan dan bisa menimbulkan stres parah. Bahkan, bullying juga bisa mempengaruhi kehidupan Anda dalam segala aspek, termasuk harga diri, hubungan, pekerjaan, pendidikan, dan masa depan.

Jika Anda merasa sangat kewalahan dengan pem-bully-an, penting bagi Anda untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental seperti dinas sosial, psikolog atau psikiater. Ingat, jangan pernah merasa malu untuk meminta bantuan jika Anda dalam bahaya! (nap)

Share This Article