Ini yang Ada di Pikiran Si Pencari Perhatian | Breaktime
Ini yang Ada di Pikiran Si Pencari Perhatian
09.03.2016

Di sekitar Anda, tentu ada saja beberapa orang yang kerap kali melakukan hal-hal untuk menarik perhatian. Ketika melihat orang yang seperti itu, kadang ada rasa sebal meski sebagian besar mungkin hanya mengabaikannya. Meski demikian, Anda tidak boleh hanya menilai secara negatif. Anda harus tahu alasan dan apa yang ada di pikiran pencari perhatian tersebut.

Merasa cemburu

Seperti anak-anak, jika ia merasa tidak diperhatikan oleh orang tua dan teman-temannya maka akan tumbuh perasaan terabaikan. Perasaan itulah yang menjadi penyebab utama di balik perilaku mencari perhatian yang dilakukannya. Demikian pula dengan orang dewasa. Namun sebagian orang dewasa mencari perhatian karena ada perasaan cemburu atau iri di dalam hatinya.

Ketika seseorang menemukan dirinya terancam karena kehilangan perhatian atau kedekatan terhadap sesuatu, ia mulai melakukan hal-hal yang dianggap bisa merebut perhatian kembali yang selama ini dimilikinya. Tak heran, membuat kehebohan adalah yang ada di pikiran pencari perhatian sebelum mengungkapkan apa yang dirasakan secara langsung.

Ini yang Ada di Pikiran Si Pencari Perhatian | Breaktime
Orang dewasa sering mencari perhatian karena cemburu

Jatuh cinta

Orang yang sedang jatuh cinta bisa saja melakukan hal-hal yang sangat konyol saat ada di sekitar orang yang disukai. Pikiran semacam “Dia harus memperhatikanku!” menjadi alasan hingga ia melakukan hal yang setidaknya membuat si pujaan hati menoleh. Namun, orang yang mencari perhatian karena jauh cinta masih terbilang berhati-hati dan tidak sembarangan karena tak ingin membuat incarannya malah jadi illfeel.

Arogan dan percaya diri

Orang sombong dan percaya diri mungkin mencari perhatian karena mereka berpikir dan merasa bahwa mereka layak menjadi pusat perhatian. Merasa memiliki hal-hal yang layak untuk dipamerkan dan ingin semua orang di sekitarnya tahu. Hal itu disebabkan karena mental dan pikiran mereka yang belum cukup matang. Mereka masih berpikir dengan mentalitas anak kecil yang membuat mereka percaya bahwa mereka adalah pusat dunia.

Ini yang Ada di Pikiran Si Pencari Perhatian | Breaktime
Mereka ingin menjadi pusat perhatian

Kurangnya harga diri

Kurangnya harga diri dapat menjadi penyebab lain untuk perilaku mencari perhatian. Beberapa orang berpikir bahwa mereka diabaikan sehingga mereka berpikir bahwa satu-satunya solusi untuk mengembalikan semuanya adalah dengan membawa kembali perhatian yang hilang. Perhatian tersebut dibutuhkan untuk membuktikan pada orang-orang di sekitar bahwa ia juga layak diperhatikan.

Jadi, sebaiknya Anda juga melihat pesan yang tersirat daripada hanya sekedar mencela dan mencibir tindakan mereka. Semoga informasi tentang apa yang ada di pikiran pencari perhatian dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih memahami orang lain, ya! (nap)

Share This Article