Ini Waktu Yang Tepat Memotong Tali Pusar! | Breaktime
Ini Waktu Yang Tepat Memotong Tali Pusar!
22.05.2017

Menikah muda mungkin menjadi pilihan kebanyakan masyarakat urban sekarang ini. Tapi, Anda pasti juga sudah tahu bahwa menikah muda bukanlah hal yang mudah. Tidak hanya masalah komitmen dan urusan Anda dengan pasangan, tetapi juga pikirkan jangka panjangnya. Misalnya ketika Anda harus hamil dan memiliki anak. Ada hal baru lagi yang harus Anda urus dan perhatikan.

Nah, misalnya nih untuk ibu-ibu muda yang sedang hamil atau baru saja melahirkan mungkin akan banyak memiliki pertanyaan. Salah satu hal yang akan menjadi pertanyaan hampir semua ibu adalah kapan harus memotong tali pusar yang ada pada bayi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tinggal di Rumah Kecil dengan Bayi? Ini Tipsnya!

Memang mungkin sekarang ini untuk memotong tali pusar bayi sudah menjadi tugas para dokter di rumah sakit. Tapi tetap sebagai seorang ibu Anda juga harus tahu, moms. Pada intinya, jangan terlalu cepat untuk memotong tali pusar. Beri jeda setelah lahir, karena ternyata tali pusar bermanfaat untuk memberi mereka gelombang darah penuh oksigen.

Ahli obstetri asal Amerika Serikat memberikan rekomendasi terbaru. Menyarankan untuk setidaknya menunggu 30 detik sampai 60 detik setelah kelahiran. Tentunya untuk semua bayi yang lahir. Selama ini para dokter biasanya memotong tali pusar 15 sampai 20 detik setelah para bayi lahir. Ternyata itu terlalu cepat.

Dr. Maria Mascola dari ACOG’s Committee on Obstetric Practice yang menyatakan bahwa tali pusar menjadi jembatan penyalur darah yang kaya akan oksigen. Ia juga menyatakan bahwa darah tersebut akan mengalir selama lima menit. Manfaatnya bagi kesehatan juga banyak.

Ini Waktu Yang Tepat Memotong Tali Pusar! | Breaktime
Ada jeda untuk memotong tali pusar bayi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bocoran Tentang Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung!

Nah, transisi menakjubkan tersebut rupanya terjadi saat bayi pertama kali bernafas. Dalam rahim, plasenta berfungsi sebagai paru-paru janin. Namun, saat lahir semuanya berubah secara sekejap. Sirkulasi berubah dan paru-paru akan diisi dengan cairan saat bayi menghirup udara. Ketika plasenta dipotong terlalu cepat setelah kelahiran, maka bayi akan melewatkan oksigen tambahan untuk melengkapi nafas pertamanya.

Di tahun sebelum 1960an ibu-ibu yang melahirkan seringkali menunggu selama lima menit untuk memotong plasenta sang bayi. Menariknya lagi, untuk bayi prematur pemotongan yang lebih lama akan bermanfaat sangat besar, antara lain mengurangi resiko transfusi, anemia, dan pendarahan di otak akan semakin rendah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Menyusui yang Benar Agar Bayi Tak Tersedak

Jika dipotong terlalu cepat, maka berpotensi untuk kekurangan zat besi dan menunda perkembangan kognitif pada bayi. Ketika memutuskan untuk menunggu selama tiga menit, maka pertumbuhan otak dini akan lebih baik.

Jadi, sekarang moms sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk memotong plasenta bayi. Anda juga bisa konsultasi lebih dengan dokter kandungan Anda tentang hal ini. Semakin banyak tanya akan semakin banyak yang Anda tahu. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE