Ini Tanda Hayati Mulai Lelah Gara-Gara Pekerjaan | Breaktime
Ini Tanda Hayati Mulai Lelah Gara-Gara Pekerjaan
21.05.2017

B’Timers, ingatkan Anda saat pertama kali Anda diterima di perusahaan impian Anda? Anda pastinya berangkat ke kantor dengan rasa senang, Anda adalah pegawai pertama yang tiba di kantor, dan Anda juga rela lembur selama berjam-jam hingga jam pulang Anda selalu terlambat. Anda merasa bahwa pada akhirnya Anda menemukan tempat dimana Anda dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang Anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah, and everything feels so perfect!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Dia Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Tapi itu dulu. Kini Anda mulai merasakan siksaan bangun di pagi hari, setiap hari di tempat kerja selalu terasa sangat menyiksa.  Jangan salah, B’Timers! At some point memang semua orang akan merasa kejenuhan, dan hal itu termasuk normal. Akan tetapi ada batas dimana rasa kejenuhan tersebut menembus ambang sehat, dan itulah yang disebut dengan burnout. Anda sering merasa bete dan lelah saat bekerja, tapi tidak yakin apakah Anda termasuk terserang burnout? Simak tanda-tandanya di bawah ini yuk.

B’Timers, apakah Anda selalu merasa lelah? Rasa lelah ini tentu saja tidak terbatas pada lelah fisik saja, Anda bisa jadi juga merasa lelah secara psikis, dimana hal tersebut juga mempengaruhi kemampuan Anda dalam memotivasi diri Anda sendiri. Anda mungkin tidak lagi merasa antusias saat berada di tempat kerja, bahkan bangun di pagi hari dan bersiap-siap untuk pergi ke kantor pun terasa sangat berat bagi Anda. Jika Anda merasakan rasa lelah tersebut secara terus-menerus, bisa jadi Anda terserang gejala burnout nih, B’Timers.

Ini Tanda Hayati Mulai Lelah Gara-Gara Pekerjaan | Breaktime
Luangkan waktu sejenak untuk bersantai, B’Timers

Dan karena Anda telah kehilangan motivasi untuk melakukan apapun, pikiran Anda pun cenderung diselimuti oleh perasaan-perasaan negatif. Anda sering merasa frustrasi dan pesimis terhadap semua hal. Bahkan tidak jarang, pola berpikir Anda berubah menjadi pola berpikir yang cynical. Perlu dicatat, bahwa perasaan negatif seperti pesimistis, cynical, dan lain sebagainya memang akan muncul dari waktu ke waktu, namun jika Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut secara berturut-turut, maka saat itulah Anda wajib merasa lebih waspada.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ciri-ciri ini Berkata Anda Harus Ganti Pekerjaan, lho!

Lambat laun, perasaan negatif tersebut juga dapat berdampak pada kinerja Anda di kantor, B’Timers. Kinerja Anda bisa jadi semakin merosot dari hari ke hari dan hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama. Selain itu, Anda pun akan semakin sering mengalami permasalahan di dalam rumah tangga Anda. Anda menjadi mudah marah hingga argumen sekecil apapun bisa langsung membuat api kemarahan Anda berkobar ganas. Bisa juga Anda menarik diri dari berinteraksi dengan teman-teman kantor dan keluarga. Anda juga mulai mengabaikan penampilan Anda. Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan sehat dan lebih sering mengkonsumsi kopi, makanan fastfood, tenggelam dalam kebiasaan minum minuman beralkohol dan bahkan mengkonsumsi obat tidur hanya agar dapat tidur dengan nyenyak

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
‘Boregasm’, Tanda Anda Stres dengan Pekerjaan

Is it healthy? Definitely not. Apabila gejala burnout tersebut tidak segera dikenali dan ditangani, Anda bisa jatuh ke dalam pusaran depresi, B’Timers. Tapi, Anda dapat mencegahnya mulai dari sekarang. Cara pertama adalah dengan sebisa mungkin menyisihkan waktu untuk relaksasi. Gak harus berlibur selama beberapa minggu, B’Timers. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda suka di luar atau di sela-sela hari kerja. Berolahraga, mendengarkan lagu, membaca, berjalan-jalan, atau menjadi tenaga sukarela dalam grup atau komunitas dapat membantu me-refresh kondisi mental Anda dan mencegah Anda terkena burnout.

Pekerjaan Anda memang penting B’Timers, but it shouldn’t be your everything. Semoga informasi ini dapat menginspirasi Anda. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE