Ini Rahasia Mudah Membeli Rumah Untuk Milenial | Breaktime
Ini Rahasia Mudah Membeli Rumah Untuk Milenial
11.10.2017

Di era yang serba mahal seperti sekarang ini, memang menuntut setiap orang untuk bekerja lebih keras, lebih kreatif, dan lebih produktif untuk menghasilkan pundi-pundi demi kehidupan yang terus lebih baik. Bagi sebagian besar generasi milenial yang hidup sekarang ini, impian membeli dan memiliki rumah sendiri sangat ingin segera diwujudkan. Hanya saja, tingginya harga rumah membuat para pemimpi ini jadi patah arang. Di usia 25 – 30 tahunan adalah usia-usia matang para orang tua muda. Di usia itulah keinginan memiliki rumah sendiri sangat besar.

Tak perlu pesimis, masih ingatkah Anda dengan pepatah “ada banyak jalan menuju Roma”? Nah, pepatah itu berlaku dalam hal ini. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membeli rumah. Yang paling penting untuk mengawalinya adalah pilihlah area dimana Anda akan tinggal dan bagaimana Anda akan hidup. Apakah di perkotaan? Atau di pedesaan? Atau di kawasan yang padat penduduk? Atau kawasan yang lebih santai?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stigma; Penghalang Besar Kesejahteraan Mental

Setelah itu, barulah Anda bisa mencari tahu harga rumah yang sesuai dengan kriteria. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan penghasilan, biaya hidup, dan tujuan lain di masa yang akan datang. Anda juga harus banyak-banyak survey harga rata-rata rumah di lingkungan impian Anda. Setelah itu, ambillah 20% dari jumlah yang didapatkan sebagai patokan uang muka yang harus Anda miliki dari menabung.

Tetapi sebenarnya bukan hanya uang muka yang harus Anda simpan. Ada beberapa hal lain yang juga membutuhkan uang. Seperti biaya penutupan yang terdiri dari biaya inspeksi, pajak properti, dan bunga prabayar. Anda juga membutuhkan simpanan untuk biaya perabotan baru. Nantinya juga akan ada biaya perbaikan dan perawatan rumah seperti asuransi, tagihan listrik, pajak, dan banyak lainnya.

Semua biaya tersebut jelas menghantui Anda ketika akan membeli rumah di masa sekarang ini. Untuk menabung uang DP saja, banyak orang merasa bahwa mereka tak punya cukup tabungan. Seringkali uang tersebut terpakai untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Well, mulai sekarang akan lebih baik jika Anda membiasakan diri untuk mengurangi hal-hal yang tidak perlu. Seperti misalnya terlalu sering nongkrong di cafe. Jika dihitung-hitung Anda bisa menabung uang ngopi Anda setiap bulan.

Ini Rahasia Mudah Membeli Rumah Untuk Milenial | Breaktime
Ada banyak hal yang dipikirkan untuk membeli rumah baru
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olahraga Mana Nih Yang Tunjukkan Kepribadianmu?

Hitung saja, misalnya untuk satu kali ke cafe Anda menghabiskan uang Rp 50 ribu. Anggap saja Anda bisa 5 – 6 kali pergi ke cafe dalam satu bulan. Jika ditabung bisa mencapai Rp 300.000. Satu tahunnya Anda bisa menabung sebanyak Rp 3,6 juta. Memang jauh dari harga uang muka satu buah rumah. Tetapi lumayan, kan untuk tambahan DP?

Pikirkan dulu, jika Anda berada di kota besar, lebih baik membeli apartemen terlebih dahulu. Harga satu unit apartemen bisa berkisar antara Rp 200 juta – Rp 500 juta. Lagipula, fasilitas satu unit apartemen sudah sangat mirip dengan rumah.

Jika tidak, Anda bisa mengambil cicilan DP atau KPR Tenor paling panjang. Anda mencicil uang muka selama jangka waktu tertentu. Program ini diinisiasi oleh developer. Misalnya pengembang memberikan waktu selama 22 bulan bagi calon pembeli untuk mencicil uang muka yang dihitung berdasarkan harga beli yang sudah ditentukan di awal. Calon pembeli mencicil DP ke pengembang. Setelah uang muka dilunasi, barulah calon pembeli mengajukan kredit ke bank.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengatasi Kelelahan Emosional Paling Ampuh

Untuk pinjaman KPR tenor biasanya bank memberikan jangka waktu 25 tahun. Jadi, Anda yang masih berusia 30 tahun bisa memanfaatkan layanan ini. Tenor menurunkan jumlah cicilan per bulan. Meskipun menyetor uang muka kecil, namun Anda masih bisa mendapatkan kredit karena jumlah cicilan yang kecil akibat masa pinjaman yang panjang.

Dengan begitu, Anda bisa pikirkan lagi untuk membeli rumah. Tapi yang jelas, perlindungan untuk keluarga di rumah baru juga sangat penting. Jadi, berikan perlindungan terbaik dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE