Ini Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dari Merajut | Breaktime
Ini Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dari Merajut
19.02.2016

Sweater, dress, topi, syal, atau kaos kaki. Apapun yang terbuat dari benang wol, bisa menghangatkan badan saat dingin. Bahkan kita bisa menentukan model serta warna yang diinginkan sendiri tanpa takut orang lain memiliki syal yang sama dengan kita, kan? Selain itu sebagai hadiah orang tersayang, hasil karya tangan Anda akan menjadi yang tak terlupakan, lho, B’timers.

Tapi, tunggu. What, merajut? Itu terdengar seperti kegiatan seorang wanita lansia yang menghabiskan waktu membuat sweater dari benang. Untuk apa kita belajar merajut di zaman di mana apapun sudah tersedia di toko. Padahal, kegiatan yang hanya melibatkan benang dan jarum rajut ini bisa mengaktifkan area otak dan menimbulkan rasa tenang, lho. Selain itu, studi terakhir menemukan manfaat merajut bagi psikologis seseorang.

1.Memberikan kebanggaan tersendiri

Meskipun merajut semakin berkembang, dan tidak hanya para manula yang melakukannya, masih banyak yang tidak menguasai teknik merajut. Dan, apakah Anda tidak tertarik sedikitpun untuk belajar, B’timers? Bayangkan saat Anda memamerkan hasil kerajinan pada teman, pasti muncul kebanggaan tersendiri. Belum lagi jika mereka akhirnya memesan beberapa syal dan topi pada Anda. Wow!

2.Sama seperti meditasi

Setelah Anda sudah bisa merajut dengan rapi dan santai, tubuh akan merasa semakin rileks. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan Cardiff University di Inggris Raya, kegiatan merajut yang tampak sangat sederhana, dengan mengulang beberapa tusukan yang sama, membuat Anda terhindar dari resiko demensia bahkan alzheimer.

Ini Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dari Merajut | Breaktime
Merajut sama dengan meditasi

3.Meredakan kecemasan

Hal tersebut karena irama atau gerakan berulang setiap merajut. Gerakan ritmis dan fokus membantu mengalihkan perhatian dari gejala kecemasan, depresi, dan stres yang biasa Anda alami. Manfaat merajut lainnya adalah denyut jantung akan berkurang sehingga tekanan darah menurun. Jadi, jika Anda termasuk orang yang gampang cemas, merajut bisa menjadi jalan untuk mengatasinya, B’timers.

4.Meningkatkan fungsi motorik

Merajut merangsang hampir seluruh bagian di otak kita. Karena itu tidak heran jika merajut digunakan untuk membantu orang-orang dengan penyakit otak seperti parkinson untuk meningkatkan fungsi motorik mereka. Dengan merajut, mereka dapat meningkatkan ketrampilan motorik sekaligus mengalihkan perhatian dari rasa nyeri yang menyerang.

5.Memperlambat penurunan kognitif

Selain dapat membantu meningkatkan fungsi motorik dan suasana hati, merajut juga merangsang otak Anda untuk tetap sehat. Karena semakin sering otak digunakan, semakin sehat otak kita, B’timers. Menurut Mayo Clinic, merajut dapat mengurangi resiko kerusakan kognitif ringan sebanyak 30 – 50 % dibanding mereka yang tidak melakukan kegiatan ini.

Ini Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dari Merajut | Breaktime
Rajutan spesial untuk orang spesial

6. Mencegah arthritis dan tendinitis

Menggerakkan jari-jari Anda dapat melatih tulang rawan sehingga lebih kuat. Bahkan dikatakan merajut lebih baik daripada mengetik, lho. Dan jikapun sudah memiliki masalah sendi, hal tersebut tidak menghalangi Anda untuk merajut, kok. Rendam tangan dalam air hangat dan gunakan jarum yang lebih besar untuk menciptakan karya Anda.

Dengan mengetahui manfaat merajut tidak hanya baik untuk kesehatan, Anda masih menganggap bentuk kerajinan ini ketinggalan jaman, B’timers? (NO)

Share This Article