Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa | Breaktime
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa
12.06.2017

Sahur sebelum menjalankan ibadah puasa adalah salah satu syarat keutamaan puasa yang harus dijalani oleh umat Muslim, B’timers. Well, tak sedikit dari kita yang merasa malas untuk membuka mata di saat tiba waktunya untuk santap sahur. Ya, siapa, sih, yang tak merasa terganggu kenikmatan tidurnya pada dini hari seperti ini? Mereka bahkan memilih untuk hanya minum air saja untuk sahur dan kembali tidur.

Hayo, Anda juga pernah dan sering melakukan hal ini, kan, B’timers? Apalagi jika malam sebelumnya kita tidur terlalu larut setelah menunaikan ibadah sholat Tarawih ditambah begadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh atasan di kantor. Rasanya untuk bangkit dari tempat tidur ke meja makan kemudian mengunyah makanan, begitu berat dan penuh siksaan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Emosi! Ini Alasan Bayi Melakukan Sesuatu!

Wah, padahal makan sahur sebelum berpuasa itu adalah waktu terpenting yang harus dilakukan, lho, B’timers. Waktu sahur adalah waktunya di mana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi seharian penuh tanpa asupan makanan dan minuman hingga petang dan adzan magrib berkumandang, B’timers. Tubuh Anda juga tetap membutuhkan asupan nutrisi, lho, meskipun berpuasa. Inilah pentingnya sahur.

Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa | Breaktime
Berat rasa untuk menyiapkan menu santap sahur

Dan untuk membantu Anda menyadari makna tersembunyi dari menyantap hidangan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa, di bawah ini adalah alasan kenapa Anda wajib mengawali puasa Ramadan dengan santap sahur terlebih dahulu, B’timers. Karena bagaimanapun, waktu sahur adalah waktunya ketika seluruh alam masih terlelap, sementara Anda mengorbankan diri bangun dan makan sahur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Penuh Haru dari Tradisi Buka Puasa Bersama

Jika Anda mengonsumsi makanan saat sahur, ini akan memberikan Anda kekuatan dan vitalitas. Sahur adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh Anda selama sebulan penuh puasa Ramadan, B’timers. Karbohidrat yang kaya akan kandungan karbohidrat akan dicerna secara perlahan. Dengan kita meluangkan waktu untuk sahur, kita akan menjalani puasa dengan lebih mudah dan berenergi, B’timers.

Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa | Breaktime
Sahur bikin Anda berenergi untuk selesaikan pekerjaan

Ada lagi manfaat lainnya yang diberikan dari sahur sebelum Anda berpuasa, lho, B’timers. Dengan sahur, akan membantu Anda mencegah rasa mual dan sakit kepala pada saat Anda menjalani ibadah puasa di hari esoknya. Karena dengan Anda meluangkan waktu untuk mengonsumsi makanan saat sahur, maka kadar gula di dalam darah akan lebih seimbang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya

Sahur juga membantu Anda mengurangi rasa haus di siang hari. Manfaat lainnya dari santap sahur yang akan Anda dapatkan adalah membantu sistem pencernaan lebih mudah dalam bekerja mencerna semua makanan yang masuk dan kinerja sistem pencernaan pun menjadi lebih efisien, B’timers. Sahur juga bisa membantu menutupi kebutuhan nutrisi. Namun jika Anda mengimbanginya dengan asupan bergizi.

Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa | Breaktime
Jaga kesehatan agar tetap semangat di kantor, ya, B’timers?

Untuk membantu Anda menjaga kondisi tubuh tetap fit meskipun sedang menjalani ibadah puasa ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan, lho, B’timers. Pastikan makanan yang Anda konsumsi penuh dengan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, vitamin dan juga mineral. Selain itu usahakan agar makanan Anda mudah dicerna agar sistem pencernaan tak terganggu.

Pastikan Anda minum cukup air untuk menghindari rasa haus dan kondisi dehidrasi selama berpuasa, ya, B’timers. Hindari juga makanan asin seperti acar, buah zaitun, kacang asin dan makanan kemasan kaleng atau lainnya. Dan penting untuk menghindari makanan penutup berat, makanan berlemak dan gorengan juga makanan yang pedas karena akan menngkatkan risiko haus berlebihan. Hindari makanan manis. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE