Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu! | Breaktime
Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu!
20.06.2017

Kegiatan utama yang wajib dikerjakan pada bulan Ramadhan adalah berpuasa atau shaum sebagaimana yang diperintahkan Allah dalam surat Al-Baqarah 183 yaitu “Wahai orang-orang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Puasa yang dimaksudkan disini tidak hanya menahan haus dan lapar tapi juga nafsu. Meskipun setan dan iblis dikurung di neraka, masih ada nafsu yang berasal dari dalam diri manusia dan dapat menjerumuskan ke jurang dosa.

Saat ini, banyak sekali umat muslim yang sibuk sekali mempersiapkan pelengkap bulan Ramadhan seperti membeli pakaian baru, membuat kue lebaran, mengirimkan parsel dan sebagainya. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Akan tetapi, di bulan puasa ini seharusnya menjadi bulan dimana manusia berlomba-lomba mengejar akhirat, bukan lagi dunia. Tapi apa yang terjadi? Manusia sibuk menampilkan citra dirinya yang baik dihadapan manusia lain dan mengesampingkan esensi bulan Ramadhan itu sendiri yaitu memperbaiki diri sendiri dan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!

Telah Allah SWT tegaskan betapa mulianya bulan Ramadhan dalam surah Al-Baqarah 185 yang berbunyi “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan  (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda  (antara yang hak dan yang bathil)”. Allah SWT sudah bermurah hati dengan membukakan pintu-pintu langit dan menutup pintu-pintu neraka, mengampuni dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu, dilipat gandakannya pahala, dan terdapat malam Lailatul Qadar yaitu malam paling mulia di antara malam-malam lainnya karena pada malam ini para malaikat turun ke muka bumi untuk mengatur segala urusan dan menyebar kesejahterahan hingga terbit fajar.

Bagi mereka yang tidak bisa berpuasa karena alasan yang dibenarkan, Allah SWT mewajibkan untuk menggantinya di bulan lain, sedangkan yang tidak mampu diwajibkan membayar fidyah. Tapi, apabila dengan sengaja meninggalkan puasa tanpa sebab yang jelas, maka dosalah yang akan didapat.

Banyak orang yang berharap dan berdoa agar masih bisa bertemu dengan bulan-bulan Ramadhan berikutnya, namun Allah berkehendak lain. Dari sini, manusia seharusnya bisa memetik pelajaran untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan. 

Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu! | Breaktime
Puasa adalah saat yang tepat dekatkan diri dengan Sang Pencipta
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa

Living to the fullest. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin seperti pesan Rasulullah SAW.

Maka dari itu, di sisa 10 malam pertama bulan Ramadhan ini, ada baiknya untuk melakukan i’tikaf sebagaimana yang telah disunahkan. I’tikaf adalah kegiatan berdiam diri di dalam masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah SWT. Di saat ini lah bisa menjadi kesempatan untuk bermuhasabah atau intropeksi diri.

Sudahkah diri ini menahan nafsu dengan baik? Sudahkan baik ibadah solat yang dilakukan? Sudahkan bersedekah? Sudahkah membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan? Dan pertanyaan-pertanyaan renungan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Hidup ini ibarat mampir minum air lalu pergi. Ada yang lebih kekal dari dunia yaitu akhirat. Nikmat Allah di dunia hanya sebuah titik dibanding nikmat-Nya yang telah dipersiapkan di akhirat. Sungguh tidak ada apa-apanya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stay Strong Saat Puasa, Ini Tips Sehat Ibu Menyusui!

Jadi, kembalilah kepada inti bulan Ramadhan itu sendiri, yaitu ibadah. Kalaupun mendapat manfaat lain misalnya badan lebih sehat dari sebelumnya, rejeki yang lancar, dan kemudahan dalam berbagai urusan. Niscaya, itu adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang telah ikhlas dan sungguh-sungguh dalam berpuasa dan mengejar akhirat-Nya.

Well, renungkan kembali B’timers apakah ibadah puasa Anda di tahun ini sudah semakin baik dari sebelumnya. Jika belum, mintalah pada Yang Maha Kuasa agar diberi kesempatan kembali untuk mengumpulkan pahala di tahun-tahun berikutnya. Biarkan ketenangan membawa kemenangan. (ar)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE