Ini Lho, Keuntungan yang Didapat Si Irit Bicara | Breaktime
Ini Lho, Keuntungan yang Didapat Si Irit Bicara
13.03.2016
“Wise men speak because they have something to say, Fools because they have to say something-Plato”

B’timers yang irit bicara sejak kecil pasti merasakan bagaimana lingkungan Anda memaksa untuk lebih aktif mengutarakan pendapat. Namun, Anda pasti memahami berbicara lebih banyak dibandingkan kebiasaan selama ini jelas adalah suatu hal yang berat. Padahal menjadi seorang pendiam ternyata memiliki keuntungan tersendiri bagi diri B’timers lho!

Cara mendekatkan diri pada orang terkasih Anda lebih efektif

Di tengah kepenatan keseharian Anda, B’timers mungkin sudah terlalu lelah untuk melontarkan kata-kata kepada lawan bicara. Anda bisa duduk diam mendengarkan seluruh kisah anggota keluarga maupun pasangan Anda tentang apa saja yang terjadi selama sepanjang hari. Sesekali melontarkan pernyataan tentang pendapat Anda akan membuat orang terkasih merasa dihargai. Sekedar bertatap ataupun melakukan kegiatan dalam sunyi justru mendekatkan ikatan emosi satu sama lain.

Ini Lho, Keuntungan yang Didapat Si Irit Bicara | Breaktime
Terkadang pelukan penyimpan sejuta kata daripada bujukan tak berarti

Berdiam diri bukan berarti kehabisan kata

Pernah merasakan suatu titik dimana B’timers menemui kala-kala sunyi bersama teman, pasangan, ataupun keluarga. Anda sesekali akan berpikir, apakah kalian kehabisan materi untuk kembali mengobrol berjam-jam seperti sebelumnya. Tentu tidak, Anda dan orang tersayang justru akan menikmati waktu sunyi sejenak untuk memikirkan apa yang sedang berkecamuk dalam hati masing-masing sebelum membuka mulut kembali untuk bercakap.

Membentuk pikiran lebih produktif dan sehat

Berdiam diri bukan berarti Anda tidak memiliki segudang kata-kata untuk dilontarkan. Justru dengan berbicara sedikit, B’timers memiliki kesempatan untuk mencerna kata lebih baik. Mengosongkan pikiran dan duduk dalam sunyi tanpa mengatakan sesuatu tidak membuat Anda semakin tenggelam dalam kecemasan. B’timers akan merasakan pikiran menjadi lebih tertata rapi dan jelas satu sama lain sehingga membantu Anda untuk menghindarkan diri dari stres.

Ini Lho, Keuntungan yang Didapat Si Irit Bicara | Breaktime
Berdiam diri justru memberikan kesempatan otak untuk mengolah kata lebih baik

Ketakutan sebenarnya bukan tentang merasa sunyi

Seiring dengan perkembangan teknologi semakin pesat, Anda akan lebih sering menemui percakapan antara dua orang atau lebih akan tergantikan dengan suara ketukan pada keyboard laptop maupun pada layar ponsel. Pahamilah bahwa bukan kesunyian yang memojokkan Anda, tetapi kehadiran kata-kata yang berubah menjadi virtual chatting. Tentu hemat berbicara lebih memberikan penghargaan daripada dicuekkan karena sibuk dengan gadget bukan?

Bekal utama menjadi seorang pemimpin

Bryant H. McGill pernah mengatakan bahwa salah satu bentuk rasa hormat yang tulus adalah benar-benar mendengarkan apa yang orang lain ingin sampaikan. Seorang pemimpin baik itu dalam skala kecil maupun besar adalah memberikan pertanyaan dan membiarkan orang lain menjelaskan pendapatnya dan dari sudut pandangnya. Hal ini tentu lebih baik daripada melontarkan banyak opsi yang sebenarnya tidak benar-benar membantu dalam memecahkan masalah.

Bukan suatu kesalahan menjadi seseorang yang irit bicara. Justru larut dalam kebiasaan irit bicara Anda akan membuat B’timers bijak dalam berkata-kata dengan mengatakan seperlunya saja. (ft)

Share This Article